Sukses

Kisah Monkey Busters, 3 Nenek Pengusir Monyet Liar di Desa

3 orang nenek di Jepang ini dipercaya bertanggung jawab dalam melindungi desa mereka dari serangan kera liar baru-baru ini.

Liputan6.com, Fukui - Tiga orang nenek di Jepang dipercaya bertanggung jawab dalam melindungi desa. Bukan dari serangan musuh manusia, melainkan gerombolan monyet liar baru-baru ini.

Masako Ishimura, 74, Tatsuko Kinoshita, 68, dan Miyuki Ii, 67, membentuk kelompok untuk menyelamatkan sayuran dan hasil pertanian masyarakat, yang dikepung oleh monyet lapar.

Menyebut diri mereka sebagai "Monkey Busters", para nenek tersebut melakukan patroli di lingkungan mereka di Fukui, dengan senapan angin dan mengenakan celemek.

Daerah Miyama di Fukui memang telah lama mengahadapi masalah pertanian akibat monyet yang selalu mencuri pertanian lokal. Seorang juru bicara prefektur Jepang mengatakan kepada situs berita lokal bahwa hewan tersebut pertama kali terlihat muncul pada tahun 2015.

Melansir nypost.com, Senin (14/9/2020), dalam upaya baru-baru ini untuk mencegah monyet liar, pejabat daerah mulai membuka kursus pelatihan untuk penduduk desa perihal bagaimana membasmi hama. The Monkey Busters adalah salah satu yang pertama mengikuti kursus tersebut pada bulan Maret, dan sejak itu tanpa rasa takut, mereka menjadi tumpuan bagi para warga.

“Ada banyak orang tua di daerah Miyama, dan bercocok tanam sangat diperlukan untuk kesehatan dan vitalitas. Daerah tersebut perlu terus bekerja sama di masa depan," kata suami Ishimura.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Terjadinya Kerusakan di Kuil dan Reruntuhan Bersejarah

Suami Ishimura yang juga warga di daerah tersebut mengatakan masa tenang yang dirasakan oleh masyarakat tejadi pada awal musim panas sebelum akhirnya monyet muncul pada bulan Juli. Sekitar 20 monyet diyakini sebagai penyebab terjadinya kerusakan di area kuil dan reruntuhan bersejarah.

“Setiap kali ada orang yang melaporkan penampakan monyet yang biasanya mereka lihat pada siang hari, saat perempuan sedang mengerjakan pekerjaan rumah atau bertani, mereka akan segera memberi tahu Monkey Busters untuk bergegas ke tempat kejadian dan menyingkirkan mereka dengan senapan angin.”  

Banyak yang merasa puas atas apa yang dikerjakaan ketiga nenek tersebut yang diungkapkan dalam akun media sosial mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.