Sukses

Saksi Mata Serangan 9/11, Mulai dari Donald Trump hingga Lady Gaga

Para tokoh asli New York ini menyaksikan serangan 911.

Liputan6.com, New York City - Di tengah pandemi Virus Corona COVID-19, warga Amerika Serikat akan memperingati tragedi 11 September (9/11) yang terjadi 19 tahun lalu. Momen ini terutama penting bagi warga New York City. 

Serangan 911 terjadi pada Selasa pagi, 11 September 2001. Dua pesawat yang dibajak teroris Al-Qaeda menabrak menara World Trade Center di Manhattan.

Menara dengan 110 lantai itu kolaps dan sekitar 2.600 orang meninggal dunia. Beberapa korban serangan 9/11 meninggal akibat jatuh dari atas menara pencakar langit itu. 

Lokasi WTC berada di pusat NYC dan banyak sosok yang menyaksikan langsung tragedi 9/11, mulai dari pebisnis Donald Trump, aktor Robert de Niro, hingga remaja bernama Stefani Germanotta yang kemudian dikenal dengan nama Lady Gaga. 

Berikut kesaksian mata berbagai tokoh yang berasal dari New York tentang peristiwa serangan 9/11.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Donald Trump

Donald Trump merupakan pebisnis asli New York. Ketika serangan terjadi, Donald Trump sedang berada di Trump Tower yang tidak jauh dari WTC. 

"Saya memiliki jendela yang melihat langsung ke World Trade Center, dan saya melihat ledakan besar," ujar Trump seperti dikutip The Washington Post.

Trump mengaku kaget saat melihat bagaimana WTC lenyap akibat serangan itu.

"Kini saya melihat tak ada apa-apa lagi. Hilang begitu saja. Ini sulit dipercaya," ucap Donald Trump yang mengaku melihat orang-orang melompat dari menara. 

Setelah kejadian, Donald Trump berkata sempat membawa tim untuk mengunjungi lokasi tragedi untuk menawarkan bantuan.

3 dari 5 halaman

2. Lady Gaga

Lady Gaga lahir di New York pada 1986. Ia masih berusia 16 tahun saat serangan 911 terjadi.

"Sebagai seorang warga New York, hal itu sangat intens," ujar Lady Gaga seperti dilansir Yahoo Music.

Lady Gaga menyaksikan serangan itu bersama teman-temannya di atas gedung sekolah.

"Saya berada di New York pada 11 September dan saya melihat Towers-nya jatuh bersama semua teman-teman perempuanku dari atas sekolah. Seluruh kota tertutup abu," ujarnya.

4 dari 5 halaman

3. Wali Kota Rudy Giuliani

Rudy Giuliani adalah wali kota New York City pada September 2001. Sebelum pesawat kedua menabrak WTC, Guiliani sudah tiba di Lower Manhattan yang merupakan area kejadian. 

Ia pun langsung sadar bahwa 911 adalah serangan teroris.

"Ketika pesawat kedua menabrak, kami tahu bahwa ini adalah serangan teroris," ujarnya seperti dikutip CNN.

Giuliani berkata ia merasakan seperti ada gempa kecil ketika salah satu menara yang ditabrak runtuh. Ia juga tidak melupakan bau terbakar di lokasi kejadian. 

"Kejadian itu adalah hal terburuk yang pernah saya lihat seumur hidup saya," ujarnya.

5 dari 5 halaman

4. Robert de Niro

Aktor kawakan Robert de Niro baru saja pulang melakukan meeting ketika pesawat menabrak World Trade Center. Ia lantas menyaksikan tragedi 9/11 dari jendela rumahnya.

"Saya kembali ke apartemen saya yang menghadap selatan, dan melihatnya dari jendela," kata Robert de Niro seperti dilansir IMDB.

Aktor itu juga mengaku melihat korban yang melompat dari gedung. Robert de Niro tak percaya dengan apa yang ia lihat dan langsung mengecek TV.

"Itu seperti tidak nyata, saya harus mengkonfirmasinya dengan segera melihat layar TV," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.