Sukses

3 Penyebab Seseorang Dijuluki Tukang Telat

Jika sudah mengetahui penyebabnya, Anda bisa memahami solusi agar kebiasaan ini tidak terulang kembali. Kebiasaan telat bisa diubah.

Liputan6.com, Jakarta - Telat saat datang bekerja atau telat saat hendak bertemu pada sesuatu hal yang dijanjikan. Mungkin, Anda pernah bertemu dengan seseorang seperti ini. Atau bisa jadi Anda juga pernah melakukannya.

Ada sejumlah alasan mengapa seseorang suka telat. Bukan cuma alasan malas. Namun, ada sejumlah faktor lain.

Jika sudah mengetahui penyebabnya, Anda bisa memahami solusi agar kebiasaan ini tidak terulang kembali. Kebiasaan telat bisa diubah.

Tentunya dengan sikap disiplin dan menghargai waktu. Seperti dikutip dari laman Mentalfloss.com, Jumat (4/9/2020) berikut 3 penyebab seseorang sering telat:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kesalahan Perencanaan

Science Alert melaporkan bahwa banyak orang yang sangat terlambat menjadi korban dari kesalahan perencanaan. Kecenderungan untuk meremehkan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas.

Itu biasanya karena mereka terlalu optimis dalam perkiraan dan tidak memperhitungkan pengalaman sebelumnya.

Cara memperbaikinya: Penelitian yang diterbitkan pada tahun 1994 menyarankan beberapa solusi berbeda. Dalam rangkaian lima eksperimen, peserta paling berhasil dalam memprediksi waktu penyelesaian tugas saat mereka memperhitungkan berbagai faktor, termasuk ingatan mereka, pengamatan mereka terhadap pengalaman orang lain, dan perkiraan paling optimis mereka.

Penulis Jessica Greene mengajukan beberapa gagasan lain: menggunakan aplikasi pengatur waktu, atau meminta orang lain yang mengenal Anda dan kemampuan Anda untuk membantu memperkirakan waktu Anda.

 

3 dari 4 halaman

2. Kebiasaan Multitasking

Jika Anda terus-menerus mengisi hari Anda dengan tugas demi tugas karena Anda tidak tahan merasa tidak efisien, maka Anda harus mengubahnya.

Multitasker sering kali kurang efisien. Mereka berjuang untuk mengatur pikiran mereka antar tugas, yang mengurangi kualitas pekerjaan mereka dan terkadang membuat proses menjadi lebih lama.

Cara memperbaikinya: Pertama, hilangkan semua gangguan. Letakkan ponsel Anda di tempat lain, blokir situs web yang menggoda untuk sementara waktu, dan pertimbangkan untuk beralih ke aplikasi anti-penundaan untuk bantuan pemfokusan diri.

Tetapkan rentang waktu sekitar 15 menit untuk sepenuhnya mengabdikan diri Anda pada satu tugas, dan perpanjang waktu itu setelah Anda mulai bekerja.

 

4 dari 4 halaman

3. Anda Benci Menunggu

Dan inilah alasan paling mendasar mengapa Anda selalu terlambat. Anda tidak suka datang lebih awal. Menunggu terasa tidak efisien.

Sasaran Anda adalah tepat waktu. Tetapi ketika Anda berencana untuk datang tepat pada saat itu, Anda tidak memberikan cukup waktu untuk diri Anda sendiri jika terjadi keadaan darurat.

Cara memperbaikinya: Kontributor Psychology Today Adoree Durayappah-Harrison merekomendasikan cara untuk membuat waktu menjadi lebih berharga. Fokuslah pada aktivitas mengisi waktu tunggu (seperti membaca majalah atau menelepon teman) yang memotivasi Anda untuk tampil lebih awal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini