Sukses

Menari dan Bersepatu Roda Hibur Warga Australia, WNI Belle Hadiwidjaja Jadi Sorotan

WNI Belle Hadiwidjaja menghibur warga Melbourne, Australia dengan menari dan bersepatu roda di taman.

Melbourne - Seorang warga negara Indonesia (WNI) di Melbourne Australia tengah jadi sorotan. Adalah Belle Hadiwidjaja, yang ramai diperbicangkan setelah beredar video seorang perempuan berkostum 'Disney princess' menari dengan sepatu roda, sambil disaksikan pengunjung taman.

Di akun Instagram perempuan asal Jakarta yang sudah tinggal di Australia selama 19 tahun itu, terlihat beberapa video dirinya beraktivitas di taman dan tempat luar rumah lainnya, ditemani sebuah kereta bayi dan kedua orang anaknya yang berusia lima dan dua tahun.

"Saya memang senang skating. Sebenarnya ice skating … dan sejak lockdown ini ice rink tutup, jadi [karena] kangen, sekarang [saya] lebih sering skating di sekitar rumah," kata Belle kepada Natasya Salim dari ABC Indonesia yang dikutip Jumat (28/8/2020).

Di Melbourne, warga hanya diperbolehkan berolahraga, seperti jalan di taman selama satu jam dan tak boleh lebih dari lima kilometer dari tempat tinggal mereka.

Saat menari-nari dengan lagu bersama anak-anaknya di taman, ia memperhatikan banyak yang menontonnya dan memberikan tepuk tangan.

Melihat reaksi positif, Belle akhirnya mencari cara yang lebih kreatif untuk menghibur pengunjung taman saat melakukan rutinitas jalan pagi mingguannya itu.

"Mereka pada bilang, 'bagus sekali, jadi saya pikir, 'oh, bagaimana kalau saya pakai baju … bekas ulangtahunnya anak-anak tahun lalu agar lebih menarik?'"Akhirnya, Belle mengenakan beberapa kostum seperti Princess Jasmine dan Anna dari film Frozen ketika menari dengan sepatu rodanya. Bahkan pernah juga kostum dinosaurus untuk menghibur pengunjung taman.

Kini, Belle yang bekerja paruh waktu sebagai 'web developer', tengah memesan beberapa kostum baru, salah satunya adalah baju yang dikenakan karakter Moana.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kreativitas Muncul di Tengah Lockdown COVID-19

 
 
 
View this post on Instagram

The T-Rex in Yarraville is getting out of control!! 😂🤣😂 #jurrasicpark #dinosaur #facecovering #facemask #stage4lockdown

A post shared by Belle Speedy Wasabi (@speedywasabi) on

Sebelum pandemi COVID-19, Belle yang tinggal di Yarraville, sekitar 8 kilometer dari pusat kota Melbourne, melakukan 'skating' paling tidak seminggu sekali.

Namun, ide untuk menampilkan keterampilan sepatu rodanya di depan banyak orang baru muncul setelah 'lockdown'.

"Biasanya saya tidak rollerskating. Biasanya kan pergi-pergi, sibuk sana-sini, dan karena lockdown, jadi terpaksa roller skate setiap hari," tutur Belle.

Sebagai bentuk keseriusannya terhadap proyek ini, Belle membuat sebuah halaman Facebook bernama "Princess on Skates" yang menurut rencananya, akan aktif setelah 'lockdown'.

"Rencananya saya akan ke taman-taman lain di sekitar sini. Tapi sekarang belum bisa posting seperti itu karena takut banyak orang datang," ujar Belle. 

Saat tampil di taman, Belle mengatakan ia selalu memperhatikan aturan 'social-distancing' dan mengenakan masker.

Sebelum 'lockdown', Belle sempat sibuk dengan 'training' untuk kompetisi dalam acara televisi Australia, 'Ninja Warrior season 4' tahun ini.

Biasanya ia melakukan latihan dua kali seminggu di pusat kebugaran, tapi sekarang Belle berlatih sendiri di area rumahnya, taman, ataupun lapangan terbuka.

3 dari 3 halaman

Pernah Ikut Lomba Kelas Dunia

Kemampuan yang ditampilkan Belle saat ini ternyata berakar pada ketertarikannya pada 'skating' sejak 32 tahun yang lalu.

"Saya pertama kali skating ketika umur tujuh tahun. Ganti ke ice skating umur 16. Sekarang saya berumur 39 tahun," kata Belle kepada Natasya Salim dari ABC Indonesia.

Ketika remaja, Belle mengatakan sering mengikuti perlombaan skating internasional, termasuk di Melbourne di kategori berpasangan.

"Ada angkat-angkatan [tubuh], spinning together [berputar]. That's what I love doing [itu yang saya sukai]."

Karena 'skating' sudah menjadi bagian hidupnya, Belle mengaku tidak mempermasalahkan kerepotan yang harus dilakukannya sebelum tampil di taman bersama kedua anaknya.

"Kalau saya melakukannya, jadi senang sekali. Rasanya tidak ada kesusahan lagi. [Sifatnya] terapeutik," kata dia.

"Walaupun banyak persiapannya dan capek, tapi kegiatan itu membuat saya menikmati momen ketika melakukannya. Ini juga baik untuk saya dan orang lain [yang menonton]. Jadi semua pihak diuntungkan."

Ajakan Untuk Mencoba Hal Baru

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Belle Speedy Wasabi (@speedywasabi) on

Kepercayaan diri Belle untuk tampil di depan umum tidak datang secara tiba-tiba.

Sebelum datang ke Australia untuk kuliah, Belle yang lahir di Indonesia sempat enggan mengekspresikan diri.

"Ada rasa sungkan dan tidak ekspresif. Ini adalah perbedaan terbesar yang saya tahu dari kebudayaan Indonesia dan Australia," kata Belle.

Setelah menjalani satu tahun kuliah di Melbourne, barulah ia mulai membuka diri, walaupun secara bertahap.

"Di tahun pertama [kuliah], saya merasa bebas untuk mengekspresikan pikiran dan proses berubahnya lama, yaitu beberapa tahun untuk sampai benar-benar nyaman," tuturnya.

Tidak hanya soal berani tampil di depan umum, Belle juga mengaku telah mengubah pola pikir atau kebiasaan dari Indonesia, sejak ia membuka diri bagi kebudayaan yang baru di Australia.

"Ungkapan sungkan atau takut membuat orang lain marah [juga saya ubah]," katanya yang lebih memilih untuk jujur saat mengatakan sesuatu.

Belajar dari pengalamannya sendiri, Belle mengajak warga Indonesia untuk lebih terbuka dan berani berekspresi.

"Saya ingin mengajak orang-orang Indonesia untuk mencoba hal baru … berbeda dari hal-hal biasa untuk menemukan lebih banyak hal yang menggairahkan," ungkap Belle.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.