Sukses

Apartemen di India Ambruk, 1 Orang Dilaporkan Meninggal Dunia

Insiden itu terjadi di kota Mahad distrik Raigad, sekitar 170 kilometer dari Mumbai, India.

Liputan6.com, Maharahstra - Sebuah gedung berlantai lima runtuh di distrik Raigad Maharahstra, India pada Senin kemarin, lebih dari 50 orang dilaporkan terjebak di bawah puing-puing, kata para pejabat setempat.

Dikutip dari laman Hindustan Time, Selasa (25/8/2020), satu orang tewas sementara 25 orang sejauh ini telah diselamatkan dari puing-puing.

Insiden itu terjadi di kota Mahad distrik Raigad, sekitar 170 kilometer dari Mumbai, India.

Bangunan 'Taman Tariq', menurut warga sekitar, ambruk sekitar pukul 18.00 waktu setempat.

Petugas polisi dari divisi Mahad, Shrivardhan dan Mangaon di Raigad telah bergegas ke tempat itu dan melakukan operasi penyelamatan bersama dengan tim NDRF (Pasukan Tanggap Bencana Nasional).

Bangunan bertingkat, yang berusia 10 tahun, menampung lebih dari 40 apartemen. Beberapa orang bergegas keluar gedung ke tempat yang aman setelah tiga lantai pertama runtuh, menurut Nidhi Chaudhari, kolektor distrik Raigad.

"Awalnya tiga lantai teratas gedung itu runtuh ketika beberapa orang keluar. Kami berhasil menghadirkan 15 orang. Yang terluka telah dikirim ke rumah sakit pemerintah," kata Choudhari melalui panggilan telepon.

"Kami telah memulai pekerjaan evakuasi dengan mesin pemindah tanah. Dalam dua jam pertama, kami berhasil menghadirkan 25 orang," kata Manikrao Jajtap, mantan MLA Mahad.

Kepala Menteri Maharashtra Uddhav Thackeray berbicara dengan legislator Shiv Sena Bharat Gogawale dan kolektor distrik Raigad Nidhi Choudhari mengenai runtuhnya gedung di India. Memberikan dukungan, menteri utama mengarahkan pengumpul untuk mempercepat pekerjaan bantuan dan rehabilitasi.

Simak video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Musim Hujan di Maharahstra

Pemerintah negara bagian belum memerintahkan penyelidikan apa pun atas insiden tersebut.

Namun, pemimpin senior Partai Kongres Nasionalis dan anggota parlemen Raigad Lok Sabha, Sunil Tatkare mengatakan bahwa penyelidikan dapat dimulai di masa depan.

"Musim hujan yang lebat bukanlah hal baru di distrik Mahad dan Raigad, oleh karena itu bangunan yang dibangun di sana, desain dan konstruksinya harus diteliti dalam waktu dekat. Tindakan akan diambil terhadap siapa pun yang dinyatakan bersalah. Tetapi prioritas sekarang adalah bantuan dan rehabilitasi. Kami harus membawa korban luka ke rumah sakit non-Covid," kata Tatkare kepada saluran berita.

Mantan menteri utama Devendra Fadnavis dan Menteri Dalam Negeri Serikat Amit Shah menyatakan keterkejutannya atas insiden tersebut.

"Terkejut mendengar tentang insiden runtuhnya gedung di Mahad (Raigad) di mana banyak yang dikhawatirkan terjebak," kata Fadnavis dalam twit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.