Sukses

Wawancara Khusus Dubes Palestina Zuhair Al-Shun: Fakta Sebenarnya di Deklarasi KAMI

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Palestina Zuhair Al-Shun menjelaskan kehadirannya pada acara Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI). Sang dubes diketahui publik berada di acara KAMI itu setelah fotonya di Tugu Proklamasi menjadi viral di Twitter dan menuai pro dan kontra. 

Pihak yang pro menganggap kehadiran Dubes Zuhair sebagai simbol dukungan negara asing pada gerakan KAMI. Sementara kKubu yang kontra menilai seorang dubes negara asing seharusnya tak ikut bermain di arena politik, sebab mereka harusnya netral. 

Kehadiran dubes Palestina di acara KAMI merupakan undangan dari Din Syamsuddin yang merupakan deklarator KAMI. Dubes Zuhair mengira acara terkait perayaan 17 Agustus karena tak membaca pesan secara keseluruhan. 

Klarifikasi pun diberikan sang dubes. Ia menegaskan tak ada niat sekalipun untuk ikut terlibat politik Indonesia, apalagi melawan pemerintah yang sah.  

Dubes Zuhair mengaku tak tahu apapun tentang KAMI. Begitu sadar bahwa acara KAMI memiliki maksud selain perayaan 17 Agustus, ia langsung angkat kaki dari acara. 

"Saya hanya mendengarkan lagu Nasional, kemudian saya pergi. Jika saya ingin terlibat, mengapa saya pergi dari acara? Saya harusnya melanjutkan jika saya ingin terlibat aktivitas itu," tegas dubes Zuhair. 

Selengkapnya, saksikan video wawancara wartawan Liputan6.com Tommy Kurnia dengan Dubes Palestina Zuhair Al-Shun di bawah ini:

 

2 dari 2 halaman

Video wawancara khusus Dubes Palestina: