Sukses

Neil Armstrong Meninggal Dunia

Liputan6.com, Jakarta: Mantan Astronot AS, Neil Armstrong, manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan meninggal dunia. Ia meninggal di usianya yang ke-82, Sabtu waktu setempat, sebagaimana diumumkan oleh keluarga Armstrong dan dikutip USA Today, Ahad (26/8) dini hari.

Armstrong sebelumnya sempat menjalani operasi bypass jantung awal bulan ini, dua hari setelah ulang tahunnya ke-82 pada 5 Agustus. Armstrong menjalani operasi untuk menghilangkan sumbatan pada empat arteri koronernya.

Sebagai pimpinan misi Apollo 11, Armstrong menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan, tepatnya pada 20 Juli 1969. Saat menginjakkan kaki di permukaan yang berdebu itu, Armstrong mengatakan, "Ini satu langkah kecil untuk satu orang, tapi lompatan raksasa bagi umat manusia." Kata-kata ini kemudian menjadi salah satu kutipan paling terkenal dalam bahasa Inggris.

Armstrong yang saat itu berusia 38 tahun sebenarnya tidak terlalu ingin hal itu menempatkannya di puncak prestasi manusia. Dia bahkan mengaku frustasi akan banyaknya pujian yang dialamatkan padanya.

Ia pernah ditanya dalam satu kesempatan tentang bagaimana perasaannya mengetahui jejak kakinya kemungkinan akan tetap di permukaan bulan selama ribuan tahun. Lalu ia menjawab, "Aku berharap bahwa ada seseorang yang berjalan di sana suatu hari nanti dan membersihkan jejak itu," katanya.(ADO)