Sukses

Sukses Uji Coba Vaksin Corona COVID-19, 3 Profesor Ini Mendadak Jadi Miliarder

Tiga profesor mendadak menjadi miliarder setelah 'terobosan besar' yang mereka buat terkait vaksin Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, London - Tiga profesor mendadak menjadi miliarder setelah 'terobosan besar' yang mereka buat terkait dengan vaksin Virus Corona COVID-19. Mereka adalah Ratko Djukanovic, Stephen Holgate, dan Donna Davies, pendiri perusahaan Synairgen di Southampton, Inggris hampir 20 tahun lalu.

Saham perusahaan yang terlibat dalam keberhasilan uji coba vaksin untuk mengobati COVID-19 itu melejit hampir 3.000% dalam semalam. Dikutip dari The Guardian, Selasa (28/7/2020), profesor bidang kedokteran, Djukanovic (65) , melihat 0,56% nilai sahamnya di perusahaan melonjak dalam satu hari dari sekitar £ 300.000 (Rp 5,61 miliar) menjadi £ 1,6 juta (Rp 29,9 miliar).

Kepemilikan 0,59% dipegang oleh Holgate (73), seorang profesor imunofarmakologi, naik menjadi £ 1,7 juta (Rp 31,8 miliar). Diperkirakan pendiri ketiga yang merupakan profesor sel pernapasan dan biologi molekuler, Davies (67), memegang saham dengan jumlah serupa melalui perusahaan lain.

Ketiga profesor itu sekarang masing-masing dibayar lebih dari £ 1 juta atau sekitar Rp 18,7 miliar. Hasil uji klinis vaksin yang diterbitkan pada 21 Juli menyatakan saham Synairgen naik 540%. Gabungan 2,6 persen saham direksi perusahaan itu kini telah bernilai lebih dari £ 7 juta (Rp 131 miliar).

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terobosan Besar

Ketiga professor ini pertama kali menemukan orang-orang dengan asma dan penyakit paru-paru kronis kekurangan protein yang disebut interferon beta pada 2004. Interferon beta dapat membantu tubuh melawan flu biasa. Jika protein yang hilang diganti maka pertahanan alami tubuh lebih mampu mengalahkan infeksi virus.

Dalam sebuah penelitian terhadap 101 pasien Virus Corona, mereka yang diberi formula khusus obat interferon, SNG001, akan dua atau tiga kali lebih mungkin untuk sembuh daripada mereka yang diberi plasebo. Pasien yang diberikan obat langsung ke saluran udara mereka melalui nebuliser, inhaler yang kuat, 79% lebih kecil kemungkinannya untuk menderita penyakit serius.

Richard Marsden, kepala eksekutif Synairgen, mengatakan kepada The Guardian, "Bagi mereka itu tidak lebih baik daripada melihat obat yang Anda buat mampu merawat pasien, dan efek sampingnya adalah Anda menghasilkan uang. Orang yang pintar dan yang bisa menemukan sesuatu yang bermanfaat harus mendapatkan penghargaan secara ekonomi."

Marsden, yang memegang 0,3% saham, mengatakan harga saham 204% pada penutupan Jumat 24 Juli adalah 'masuk akal'. "Ini adalah terobosan besar perihal perawatan pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit. Kami tidak bisa lagi mengharapkan hasil uji coba yang jauh lebih baik daripada ini," ungkap Marsden.

3 dari 4 halaman

Percobaan Double Blind

Percobaan yang melibatkan 101 pasien COVID-19 yang telah dirawat di 9 rumah sakit di Inggris ini membutuhkan dukungan oksigen. Setengah dari pasien baru diberi obat, sementara sisanya mengambil plasebo. Percobaan dilakukan atas dasar double blind, artinya para peneliti maupun 101 pasien tidak tahu siapa yang menerima SNG001.

Tiga orang meninggal setelah diberi plasebo secara acak, sementara tidak ada kematian di antara mereka yang menerima SNG001, kata Synairgen.

Percobaan terpisah pada pasien asma telah menunjukkan SNG001 ditoleransi dengan baik, meningkatkan pertahanan anti-virus paru-paru dan membantu fungsi paru-paru selama infeksi flu atau dingin. Inhaler mengubah SNG001 menjadi gas halus yang dapat dengan mudah dihirup dalam-dalam ke paru-paru, dengan harapan hal itu akan memicu respons anti-virus yang lebih kuat dan lebih bertarget.

4 dari 4 halaman

Tanggapan Para Profesor

Kepala penyelidik persidangan, Tom Wilkinson, profesor kedokteran pernapasan di University of Southampton, mengatakan jika hasilnya direplikasi dalam studi yang lebih besar itu akan menjadi pengubah permainan dalam kasus COVID-19.

Dia menambahkan, "Hasil ini mengkonfirmasi keyakinan kami bahwa interferon beta, obat yang dikenal luas dengan injeksi, telah disetujui untuk digunakan dalam sejumlah indikasi lain, memiliki potensi besar sebagai obat yang dihirup untuk dapat mengembalikan kekebalan paru-paru. tanggapan, meningkatkan perlindungan, mempercepat pemulihan dan melawan dampak virus Sars-CoV-2."

Profesor Francois Balloux, ahli genetika di University College London juga ikut menanggapi temuan tersebut. "Jika dikonfirmasi, ini akan menjadi terobosan terbesar dalam perawatan COVID-19 hingga saat ini," kata dia.

Naveed Sattar, profesor kedokteran metabolik di Universitas Glasgow, menambahkan, "Hasilnya tampak sangat mengesankan, dan meskipun menerima bahwa uji coba itu kecil dengan hanya lebih dari 100 peserta, pengurangan 79 persen dalam keparahan penyakit bisa menjadi pemutar balik keaadan."

Tetapi berlawanan dengan yang lain, Profesor Steve Goodacre, seorang ahli kedokteran darurat di Universitas Sheffield, mengatakan, "Hasil ini tidak dapat ditafsirkan. Kami membutuhkan perincian lengkap dan, mungkin yang lebih penting, protokol uji coba. Persidangan seharusnya didaftarkan dan protokol disediakan sebelum analisis dilakukan."

Synairgen sekarang harus mempresentasikan temuannya kepada regulator medis di seluruh dunia sebelum disetujui. Kepala kesehatan akan meninjau temuan dan memutuskan apakah akan menyetujui pengobatan sehingga dokter dapat merawat pasien Covid-19.

Karena penelitian ini cukup kecil - hanya melibatkan 100 pasien - percobaan mungkin harus ditingkatkan sebelum mendapatkan persetujuan. Proses ini bisa memakan waktu berbulan-bulan, meskipun pemerintah di seluruh dunia mungkin terbuka untuk melacak obat secara cepat jika mereka terkesan dengan temuan tersebut.

 

Reporter: Vitaloca Cindrauli Sitompul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.