Sukses

Ini Tips Aman Gunakan Toilet Umum Selama Pandemi Corona COVID-19

Berikut tips aman dalam menggunakan toilet umum di tengah pandemi virus corona COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Ada satu lagi perilaku yang harus diwaspadai untuk mencegah penularan Virus Corona COVID-19, yaitu apa yang Anda lakukan setelah menggunakan toilet.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa selain membersihkan apa pun yang Anda tinggalkan, menyiram toilet dapat menghasilkan tetesan aerosol yang naik hampir satu meter. Tetesan itu mungkin berlama-lama di udara cukup lama untuk dihirup oleh pengguna toilet bersama berikutnya, atau mendarat di permukaan di kamar mandi. Demikian seperti mengutip laman Channel News Asia, Minggu (26/7/2020). 

Gumpalan toilet ini bukan hanya kotor. Dalam simulasi, ia dapat membawa partikel virus corona baru yang menular dan sudah ada di udara sekitarnya atau baru-baru ini tumpah di tinja seseorang. 

Penelitian yang diterbitkan pada hari Selasa dalam jurnal Physics of Fluids, menambah bukti yang berkembang bahwa Virus Corona baru dapat ditularkan tidak hanya melalui tetesan pernapasan tetapi juga melalui kotoran yang sarat virus juga.

Dan sementara itu masih belum diketahui apakah toilet umum atau berbagi adalah titik umum penularan virus, penelitian menyoroti kebutuhan selama pandemi untuk memikirkan kembali beberapa ruang umum yang digunakan bersama.

"Aerosol yang dihasilkan oleh toilet adalah sesuatu yang sudah agak kita kenal untuk sementara waktu, tetapi banyak orang telah menerima begitu saja," kata Joshua L Santarpia, seorang profesor patologi dan mikrobiologi di University of Nebraska Medical Center yang tidak terlibat dalam penelitian. "Studi ini menambahkan banyak bukti yang dibutuhkan semua orang untuk mengambil tindakan yang lebih baik."

Biasanya, virus corona paling banyak tinggal di sel-sel di paru-paru dan saluran pernapasan bagian atas. Tetapi penelitian telah menemukan itu juga dapat merapat ke reseptor sel di usus kecil. Maka dari itu, ada pasien yang telah dilaporkan mengalami diare, mual dan muntah di antara gejala lainnya.

Dan para peneliti telah menemukan partikel virus dalam tinja pasien, serta jejak viral pada toilet dan wastafel di ruang isolasi rumah sakit mereka, meskipun percobaan di laboratorium telah menyarankan bahwa materi mungkin lebih kecil kemungkinannya untuk menular dibandingkan dengan virus yang ditularkan lewat batuk.

Sebuah simulasi komputer tentang mekanisme pembilasan toilet menunjukkan bahwa ketika air masuk ke toilet dan menghasilkan pusaran, ia memindahkan udara ke dalam lubang toilet. Vortisitas ini bergerak ke atas dan gaya sentrifugal mendorong sekitar 6.000 tetesan kecil dan bahkan partikel aerosol yang lebih kecil.

Tergantung pada jumlah lubang masuk di toilet, pembilasan dapat memaksa di mana saja dari 40 persen hingga 60 persen dari aerosol yang diproduksi tinggi di atas kursi.

“Ini sangat memprihatinkan,” kata Wang Ji Xiang, yang mempelajari dinamika fluida di Universitas Yangzhou dan merupakan rekan penulis penelitian ini.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Gunakan Toilet Umum

Hampir mustahil untuk menjaga kamar mandi selalu bersih, dan penggunaan toilet bersama mungkin tidak dapat dihindari bagi anggota keluarga, bahkan ketika satu orang sakit dan terisolasi di kamar terpisah di rumah, kata Wang.

Seiring kota-kota di seluruh dunia menavigasi pembukaan kembali restoran, kantor dan bisnis lainnya, semakin banyak orang juga perlu menggunakan toilet umum atau bersama. 

Partikel aerosolis mungkin masih tertinggal di toilet sekali pakai, dan kamar mandi seringkali memiliki ruang berventilasi buruk, yang dapat meningkatkan risiko terpapar infeksi. Pengguna juga harus mempertimbangkan risiko dari permukaan sentuhan tinggi, seperti gagang pintu dan keran.

Sementara Wang mengakui bahwa para ilmuwan belum melihat aerosol toilet dalam situasi dunia nyata yang melibatkan virus corona baru, penelitian lain menunjukkan bahwa droplet ditemukan di daerah toilet bersama di satu rumah sakit di Wuhan, China.

Tetapi para peneliti tidak tahu berapa banyak virus menular di aerosol atau apakah orang dengan kasus COVID-19 yang lebih parah melepaskan lebih banyak virus daripada pasien dengan penyakit ringan, katanya.

Namun, Anda masih dapat dengan mudah mencegah penyebaran infeksi dari toilet.

"Tutup dulu tutupnya dan kemudian baru menekan tombol bilas," kata Wang, yang dia akui tidak selalu memungkinkan di kamar mandi umum.

Anda juga harus mencuci tangan sesering dan menyeluruh, terutama jika Anda menggunakan toilet bersama di mana toilet tidak memiliki penutup atau flush secara otomatis dipicu saat berdiri. Hindari menyentuh wajah Anda, dan simpan masker Anda di kamar mandi, yang bisa mencegah beberapa paparan terhadap Virus Corona baru.

Wang berharap penelitian baru ini akan membantu mendorong perbaikan dalam desain kamar mandi, termasuk peningkatan perhatian pada dispenser tanpa kontak untuk sabun dan handuk kertas, dan toilet yang menyiram hanya setelah ditutup dengan penutup.

Para ahli lain sudah mempertimbangkan lampu ultraviolet dalam ruangan dan semprotan desinfektan otomatis yang akan membangkitkan virus corona dan mengurangi tekanan untuk menjaga toilet umum tetap bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.