Sukses

Ini Nama Bayi Perempuan Paling Banyak Dipakai di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Sofia adalah nama bayi  perempuan paling populer di dunia, demikian hasil dari penelitian yang dilakukan oleh babynamewizard.com tahun 2017.

Pendiri situs, Laura Wattenberg, mengumpulkan statistik nama bayi dari 49 negara yang berbeda sebelum menjadikan Sofia pemenang utama, demikian dikutip dari laman The Independent, Rabu (8/7/2020).

Nama salah dewi dari mitologi Yunani ini adalah pilihan utama bagi orangtua untuk bayi mereka di Meksiko, Rusia, Argentina, Italia, Swiss, Estonia, Chili dan Slovakia.

"Itu mengejutkan saya bahwa begitu banyak bahasa dan budaya yang berbeda akan tetapi mereka menggunakan nama Sofia bagi anak perempuan mereka," ujar Wattenberg.

Olivia saat ini adalah nama gadis yang paling populer di Inggris, jauh lebih populer dari Sofia. Meski begitu, tak menggeser Sofia dari yang terbanyak di dunia.

Nama itu sendiri berarti kebijaksanaan dalam bahasa Yunani dan mudah diucapkan dalam sejumlah bahasa internasional, yang mungkin menjelaskan daya tarik global. Sehingga orangtua memilih itu sebagai nama.

Nama ini juga penting bagi filsafat Helenistik dan merujuk pada dewi kebijaksanaan.

Dalam beberapa ajaran Kristen ortodoks, Hagia Sophia juga dipahami sebagai orang kedua dalam Tritunggal Mahakudus dan disebutkan dalam Perjanjian Lama.

Terlepas dari konotasi keagamaan, beberapa berspekulasi bahwa nama itu melonjak dalam popularitas berkat selebriti seperti bintang Modern Family Sofia Vergara dan Sophia Loren.

2 dari 3 halaman

Daftar Nama Bayi Laki-Laki Paling Banyak Dipakai

Selalu ada kisah menarik di balik nama. Berikut 10 nama terpopuler bagi anak laki-laki dan perempuan di AS seperti dilansir BabyCenter.

Anak Laki-laki:

1. Liam (Ksatria)

2. Jackson (Putra Jack)

3. Noah (Istirahat dan Kenyamanan)

4. Aiden (Membara)

5. Grayson (Anak dari Pengurus)

6. Caden (Sahabat)

7. Lucas (Pemberi Cahaya atau Penerang)

8. Elijah (Yahweh adalah Tuhan)

9. Oliver (Pohon Zaitun)

10. Muhammad (Yang Terpuji)

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut: