Sukses

Muhammad Masuk Daftar 10 Nama Bayi Terpopuler di AS

Liputan6.com, Washington D.C. - Nama Muhammad dan Aaliyah masuk ke daftar 10 nama bayi terpopuler di Amerika Serikat (AS) berdasarkan survei terbaru BabyCenter. Popularitas nama Muhammad di Negeri Paman Sam dilaporkan terus menanjak dari tahun ke tahun.

Dilaporkan Al Jazeera, Jumat (6/12/2019), ini adalah pertama kalinya Muhammad masuk ke 10 besar nama paling populer di AS. Nama Muhammad kini sudah lebih populer dari nama seperti Jayden, James, Michael, atau Alexander.

Survei itu dirilis BabyCenter yang mengambil data dari 600 ribu orang tua selama 2019. Meningkatnya nama Muhammad karena tradisi warga Muslim yang cenderung memakai nama tersebut. 

"Keluarga non-Muslim terkesan punya pilihan tanpa batas untuk memilih nama, namun tradisi masih sangat penting bagi keluarga Muslim, termasuk kebiasaan menamakan putra mereka berdasarkan nama sang Rasul," jelas BabyCenter.

Situs tersebut mengartikan nama Muhammad sebagai "Yang Terpuji". Tahun lalu, Muhammad berada di peringkat 14.

Untuk nama perempuan, nama dari Bahasa Arab yang populer adalah Aaliyah dan Layla yang berada di peringkat 10 dan 11. Aaliyah memiliki arti "Mulia".

Secara keseluruhan, nama terpopuler di AS tahun ini adalah Liam dan Sophia. Liam berhasil menggeser popularitas Jackson yang enam tahun berturut-turut menjadi nama terpopuler bagi laki-laki, sementara nama Sophia sudah berada di puncak selama 10 tahun.

Nama Liam berasal dari Irlandia dan bermakna "Ksatria", sementara Sophia berasal dari Bahasa Yunani yang berarti "Kebijaksanaan."

Selengkapnya, berikut 10 nama laki-laki dan perempuan terpopuler di AS tahun ini beserta maknanya.

2 dari 4 halaman

Nama Laki-laki

"Apalah arti sebuah nama? Bunga mawar bila dinamakan berbeda pasti akan tetap harum", demikian tulisan William Shakespeare di drama Romeo dan Julia.

Renungan Shakeskpeare pun ditepis oleh Lucy Maud Montgomery di novel Anne of Green Gables yang berkata bunga mawar pasti tidak akan terlalu berkesan apabila dinamakan "rumput berduri."

Selalu ada kisah menarik di balik nama. Berikut 10 nama terpopuler bagi anak laki-laki dan perempuan di AS seperti dilansir BabyCenter.

Anak Laki-laki:

1. Liam (Ksatria)

2. Jackson (Putra Jack)

3. Noah (Istirahat dan Kenyamanan)

4. Aiden (Membara)

5. Grayson (Anak dari Pengurus)

6. Caden (Sahabat)

7. Lucas (Pemberi Cahaya atau Penerang)

8. Elijah (Yahweh adalah Tuhan)

9. Oliver (Pohon Zaitun)

10. Muhammad (Yang Terpuji)

3 dari 4 halaman

Anak Perempuan

1. Sophia (Kebijaksanaan)

2. Olivia (Pohon Zaitun)

3. Emma (Keseluruhan atau Universal)

4. Ava (Burung atau bisa juga Kehidupan, nama ini variasi dari Eve)

5. Aria (Udara)

6. Isabella (Berbakti pada Tuhan)

7. Amelia (Giat dan Berusaha)

8. Mia (Milik Saya atau Anak yang Diinginkan, nama ini variasi dari Maria)

9. Riley (Hamparan di Hutan atau Berani)

10. Aaliyah (Mulia)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading