Sukses

Jangan Digaruk, Ini Tips Mengeluarkan Air dari Telinga

Liputan6.com, Jakarta - Anda baru saja selesai berenang atau mandi. Lalu, merasa telinga tersumbat oleh air. Bagaimana cara mengeluarkannya dengan aman bagi kesehatan telinga?

Pada intinya, kondisi seperti ini jangan terlalu lama dibiarkan. Jika Anda tidak segera menanganinya, kondisi ini dapat berakhir dengan infeksi yang dikenal sebagai otitis externa, demikian dikutip dari laman webmd.com, Selasa (7/7/2020).

Ketika air ada di saluran telinga Anda, bakteri yang hidup di sana sepanjang waktu dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi.

Tetapi Anda harus mengeluarkan air dengan aman. Jika gendang telinga atau tabung pecah di telinga, Anda harus ekstra hati-hati dengan cara mengeringkan telinga.

Pertama, keringkan telinga luar Anda dengan handuk atau kain dengan lembut. Jangan masukkan kain ke dalam telinga.Angkat kepala Anda ke satu sisi untuk membantu air mengalir keluar.

Tarik cuping telingamu dengan lembut. Ini akan meluruskan saluran telinga Anda dan membantu aliran air. Hidupkan blow dryer Anda pada pengaturan terendah dan tiupkan ke telinga Anda. Pegang setidaknya dengan jarak satu meter.

Selain itu, dalam situasi semacam ini Anda juga diminta untuk menghindari penyeka kapas. Sebab, alat ini malah dapat menghilangkan lilin yang melindungi telinga Anda, mengganggu bakteri alami di saluran telinga, atau mengiritasi kulit tipis saluran telinga.

Jangan menempelkan jari atau kuku di telinga Anda atau menggaruk kulit saluran telinga yang halus. Jangan gunakan hidrogen peroksida atau pengeringan tetes.

 

2 dari 3 halaman

Tips Lain

Menguap dan mengunyah bisa membantu mengeluarkan air dari saluran telinga Anda dengan mudah. Melakukan hal ini memberi tekanan pada telinga tengah, sehingga memindahkan cairan masuk ke dalam.

Garam dikenal dengan kemampuannya yang hebat untuk menyerap kelembaban. Plus, bisa digunakan tanpa resiko apapun. Berikut cara-caranya:

- Panaskan 1 sdm garam dalam microwave.

- Masukkan garam ke dalam handuk katun.

- Letakkan kain tersebut di telinga Anda kurang lebih selama lima menit. Ulangi seperlunya.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut: