Sukses

Wiskie, Ilustrator Indonesia Asal Yogya di Balik Poster Match-Day Liverpool

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu ilustrator yang menghiasi halaman sosial media Liverpool adalah orang Indonesia. Yulius Wisnu, karib disapa Wiskie, adalah sosok yang kerap kali menggarap poster match-day Liverpool.

Tak hanya itu, Wiskie juga menggarap poster perayaan ketika Liverpool menang Liga Champion pada musim 2018/2019.

Wiskie mulai menggambar untuk salah satu klub raksasa Inggris itu sejak tahun 2019 lalu. Awalnya, ia hanya iseng-iseng mengontak art director Liverpool Dave Williams di salah satu media sosial. Lalu tak menyangka karyanya diterima.

Sebagai seorang yang gemar bermain sepak bola sekaligus menggambar, membuat karya untuk Liverpool merupakan salah satu dream job bagi Wiskie. 

"Bekerja bersama Liverpool adalah salah satu karya terbaiknya," kata Wiskie kepada Liputan6.com belum lama ini.

Di samping menggarap gambar untuk Liverpool, Wiskie ternyata juga menggambar untuk Asosiasi Sepak Bola Afrika. 

Keberadaan Wiskie membuka mata banyak orang yang saat ini harus bekerja dari rumah saja. Karena meski bekerja bersama klub besar atau media olahraga luar negeri, seperti Bleacher Sport, dan Copa90, Wiskie ternyata berbasis di Yogyakarta, Indonesia.

2 dari 2 halaman

Terbiasa Kerja dari Rumah

Pandemi COVID-19 atau SARS CoV-2 ini membuat sistem orang bekerja berubah total. Beberapa orang harus bekerja dari rumah saja, mungkin ada beberapa orang yang kurang terbiasa dalam peraturan baru ini. Meski hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran Virus Corona jenis baru di tempat kerja.

Sementara bagi Wiskie, bekerja di rumah bukanlah masalah ataupun hambatan. Sebab dirinya telah berkarya dari rumah selama lima tahun. 

"Ya betul, saya sudah sangat terbiasa work form home setidaknya selama lima tahun ini kurang lebih. Saya mengerjakan beberapa project dari rumah, dan harus mendisiplinkan diri walau bekerja dari rumah," ujarnya. 

Namun meski sudah terbiasa bekerja dari rumah saja, Wiskie harus tetap pintar-pintar mengatur waktu. Meski pekerjaannya sebagai ilustrator bisa dibilang lancar, ada beberapa proyek yang diundur dan cancel akibat pandemi Virus Corona COVID-19. 

Dirinya juga sangat mendukung orang Indonesia yang berkecimpung di industri kreatif untuk tetap berkarya. 

"Saya yakin orang yang terjun sebagai pekerja kreatif adalah orang yang bisa beradaptasi dengan segala kondisi yang dihadapi. Jangan berpangku tangan, di era modern seperti sekarang kita ini sebenarnya semakin dimudahkan, tinggal bagaimana kita memanfaatkannya, entah untuk diri kita sendiri, keluarga dan untuk sesama," paparnya. 

Nanti kan gambar-gambar Yulius Wisnu atau Wiskie lainnya, siapa tahu dirinya juga akan membuat illustrasi Liverpool mengangkat Liga Inggris nanti. 

Reporter: Yohana Belinda