Sukses

Pakar Penyakit Menular AS Yakin Vaksin Corona COVID-19 Tersedia Akhir 2020

Pakar penyakit menular terkemuka Amerika Serikat, Anthony Fauci mengaku masih optimistis akan ada vaksin Virus Corona COVID-19 pada akhir 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Pakar penyakit menular terkemuka Amerika Serikat (AS) Anthony Fauci mengaku masih optimistis, "meski tetap berhati-hati" akan ada vaksin Virus Corona COVID-19 pada akhir 2020 atau awal 2021. Fauci mengatakan dirinya yakin "ini soal kapan dan bukan apakah" vaksin COVID-19 akan ada atau tidak.

Direktur Institut Alergi dan Penyakit Menular Nasional (NIAID) AS ini membuat pernyataan tersebut saat memberikan kesaksian di komisi Dewan Perwakilan Rakyat AS, bersama beberapa pejabat kesehatan senior lainnya.

Fauci menyatakan keprihatinan tentang meningkatnya penyebaran Virus Corona baru di lingkungan masyarakat pada beberapa negara bagian. "Beberapa pekan ke depan akan menjadi masa kritis dalam kemampuan kita mengatasi lonjakan itu," kata Fauci, seperti dilansir Xinhua, Rabu (24/7/2020).

"AS akan melakukan lebih banyak pengujian," imbuhnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengujian Jadi Kontroversi

Masalah pengujian menjadi kontroversial setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan kepada para pengunjuk rasa pada akhir pekan bahwa dia meminta staf untuk memperlambat pengujian Virus Corona baru karena mengungkap terlalu banyak kasus infeksi.

Lebih dari 2.325.000 kasus COVID-19 telah dilaporkan di AS dengan jumlah kematian melebihi 120.700 hingga Selasa sore waktu setempat, menurut penghitungan oleh Universitas Johns Hopkins.

Banyak negara bagian, termasuk Alabama, Arizona, Florida, Carolina Selatan, dan Texas, melaporkan entah kasus baru harian tertinggi atau mencetak rekor untuk rata-rata kasus baru tujuh harian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.