Sukses

Demi Menangkan Pemilu Mendatang, Donald Trump Minta Bantuan dari China?

Donald Trump disebut meminta bantuan China dalam memenangkan pemilu mendatang.

Liputan6.com, Washington - Donald Trump memohon bantuan kepada pemimpin China Xi Jinping untuk memenangkan pemilihan kembali pada tahun 2020 di November mendatang. Hal ini ditulis oleh seorang mantan penasihat keamanan nasional presiden AS John Bolton dalam sebuah buku barunya

Dalam kritik pedas yang dituntut Gedung Putih untuk diblokir, Bolton menuduh bahwa fokus Trump dalam memenangkan masa jabatan kedua adalah prinsip pendorong kebijakan luar negerinya dan bahwa para pembantu utama secara rutin meremehkan pemimpin Republik itu karena ketidaktahuannya akan fakta-fakta geopolitik dasar. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (18/6/2020).

Dalam kutipan yang diterbitkan oleh The Washington Post, The New York Times, dan The Wall Street Journal, Bolton juga mengklaim Trump berulang kali menunjukkan kesiapan untuk mengabaikan pelanggaran hak-hak orang China. Bahkan, yang paling mengejutkan bahwa Trump mengatakan kepada Xi bahwa penawanan massal Muslim Uighur adalah "hal yang tepat untuk dilakukan."

"Saya kesulitan mengidentifikasi keputusan Trump yang signifikan selama masa jabatan di Gedung Putih. Saya yang tidak didorong oleh perhitungan pemilihan ulang," tulis Bolton tentang raja real estat yang berubah menjadi presiden, yang dimakzulkan pada Desember lalu karena masalah dengan Ukraina.

Dalam pertemuan penting dengan Xi pada bulan Juni lalu, Trump "dengan menakjubkan mengalihkan pembicaraan ke pemilihan presiden AS, menyinggung kemampuan ekonomi China untuk mempengaruhi kampanye yang sedang berlangsung, memohon kepada Xi untuk memastikan dia menang," klaim Bolton dalam tulisannya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ungkap Perilaku Trump

Bolton juga menulis bahwa Trump menekankan pentingnya petani Amerika dan bagaimana "peningkatan pembelian kedelai dan gandum China" dapat memengaruhi hasil pemilihan AS.

"Saya akan mencetak kata-kata persis dari Trump, tetapi proses peninjauan pra-publikasi pemerintah telah memutuskan sebaliknya," kata Bolton, yang mengaku bahwa naskahnya diperiksa oleh badan-badan AS.

Dia juga menggambarkan beberapa perilaku Trump, termasuk intervensinya dalam kasus-kasus yang melibatkan perusahaan-perusahaan besar di China dan Turki, di mana dia muncul "untuk, pada dasarnya, memberikan bantuan pribadi kepada diktator yang dia sukai," menurut kutipan.

"Pola itu tampak seperti penghalang keadilan sebagai cara hidup, yang tidak bisa kami terima," tulis Bolton, yang mengatakan ia melaporkan keprihatinannya kepada Jaksa Agung William Barr.

Buku ini, "The Room Where It Happened," akan dirilis Selasa depan.

 

3 dari 3 halaman

Bolton sebagai Tokoh Konservatif

Bolton yang konservatif, yang merupakan tokoh kontroversial dalam politik AS, menghabiskan 17 bulan penuh gejolak di Gedung Putih sebelum mengundurkan diri pada September lalu.

Dia menolak untuk memberikan kesaksian selama proses pemakzulan di Dewan Perwakilan Rakyat Desember lalu, mengatakan bahwa dia hanya akan dipaksa oleh hakim.

Bolton kemudian mengatakan pada bulan Januari lalu bahwa dia akan memberikan kesaksian di hadapan sidang Senat jika dia mengeluarkan surat panggilan pengadilan, tetapi Partai Republik menghalangi upaya seperti itu oleh Demokrat.

Bolton tidak secara eksplisit mengatakan apakah tindakan Trump yang baru terungkap itu merupakan tindakan yang tidak bisa dilanggar, tetapi berpendapat bahwa tindakan itu seharusnya diselidiki oleh DPR.

Dia juga mengatakan Demokrat melakukan "pemakzulan malpraktik" dengan membatasi penyelidikan mereka pada "aspek Ukraina dari kebingungan Trump terhadap kepentingan pribadinya."

Seandainya mereka melihat lebih luas, ia menulis, "mungkin ada peluang lebih besar untuk membujuk orang lain bahwa 'kejahatan tinggi dan pelanggaran ringan' telah dilakukan."

Ketidaksaksian Bolton membuat marah Demokrat pada saat itu, dan kemarahan mereka dihidupkan kembali pada hari Rabu ketika kutipannya diterbitkan.

Alih-alih bersaksi di bawah sumpah tentang apa yang dilihat dan diketahuinya, "dia menyimpannya untuk sebuah buku," tulis ketua Komite Intelijen Gedung Putih Adam Schiff di Twitter.

"Bolton mungkin merupakan seorang penulis, tapi dia bukanlah patriot."

Bolton menggambarkan Gedung Putih yang kacau balau, di mana bahkan para pegawai secara terbuka menunjukkan kesetiaan kepada presiden yang mengejeknya. Sementara Trump sendiri diduga mengabaikan fakta-fakta dasar seperti Inggris sebagai tenaga nuklir atau Finlandia berbeda dari Rusia.

Selama KTT Trump pada 2018 dengan pemimpin Korea Utara, menurut kutipan, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo menyelipkan surat kepada Bolton yang memfitnah presiden, dengan mengatakan: "Dia begitu penuh omong kosong."

 

Keponakan presiden sendiri, Mary Trump, merilis memoarnya, menampilkan judul pedas "Terlalu Banyak dan Tidak Pernah Cukup: Bagaimana Keluarga Saya Menciptakan Manusia Paling Berbahaya di Dunia," pada 28 Juli.

Trump mengajukan gugatan untuk menghentikan buku Bolton, dan dilaporkan mengancam tuntutan terhadap keponakannya. Pakar konstitusi mengatakan kepada AFP bahwa sangat kecil kemungkinan pengadilan akan memblokir publikasi memoar tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.