Sukses

Tokyo Mulai Melonggarkan Pembatasan Sosial Pandemi Virus Corona

Pemerintah daerah Tokyo akan memasuki tahap terakhir dalam proses pembukaan wilayah kembali.

Liputan6.com, Tokyo - Pemerintah Metropolitan Tokyo memutuskan untuk menonaktifkan peringatan waspada terhadap Virus Corona COVID-19 dan mulai pindah ke tahap ketiga dan terakhir dari rencananya untuk memulai kembali bisnis dan membuka kembali kegiatan masyarakat.

Dikutip dari laman Japan Times, Sabtu (13/6/2020), fase ketiga dari rencana penanganan Virus Corona COVID-19 di kota ini mencakup permintaan pencabutan kebijakan penutupan bisnis untuk fasilitas hiburan dan rekreasi. Dalam hal ini termasuk tempat karaoke, bar, arcade serta taman hiburan.

Restoran dan bar akan diperbolehkan tetap buka hingga tengah malam, dan acara publik akan dibatasi hingga seribu orang.

"Dalam tahap ketiga dan terakhir ini, hampir semua permintaan penutupan bisnis di Tokyo akan dicabut," kata Gubernur Tokyo Yuriko Koike pada hari Kamis dalam pertemuan satgas Virus Corona baru di kota itu. 

"Ini akan menjadi waktu yang lama sampai pengobatan atau vaksinasi tersedia, jadi kita harus belajar untuk hidup dengan virus corona dan mempertahankan tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mencegah gelombang kedua," jelasnya lagi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

45 Kasus Baru pada Kamis dan Jumat

Gubernur juga mengatakan bahwa para ahli yang meninjau data pemantauan baru-baru ini pada kasus COVID-19 Tokyo memberi tahu pemerintah Tokyo bahwa saat ini adalah waktu yang masuk akal untuk mencabut status Tokyo Alert, sebuah mekanisme alarm yang dimaksudkan untuk memperingatkan penduduk tentang perkembangan kasus baru dari Virus Corona baru, dan beralih ke fase tiga. 

Peringatan itu dinonaktifkan pada hari Kamis dan Tokyo akan memasuki fase tiga mulai hari Jumat 12 Juni 2020.

Koike mengatakan pemerintah metropolitan secara bertahap akan mengangkat penanggulangan virus jika rata-rata kasus mingguan tetap di bawah 20.

Pada hari Kamis 11 Juni, Tokyo mengkonfirmasi 22 kasus baru Virus Corona, dengan rata-rata 17,9 kasus mingguan baru --sekitar 48 persen di antaranya tidak dapat dilacak, dan sekitar 2 persen lebih sedikit kasus dari minggu sebelumnya.

Sementara pada Jumat 12 Juni, Ibu Kota Jepang itu melaporkan 25 penambahan kasus baru, the Asahi Shimbun melaporkan.

Pada tanggal 2 Juni, Koike mengaktifkan Tokyo Alert untuk pertama kalinya, setelah kota tersebut melaporkan 34 kasus baru Virus Corona baru pada hari itu. Sejak itu, walaupun angka-angkanya berfluktuasi, kasus-kasus baru tampaknya telah dijaga cukup rendah bagi pemerintah metropolitan untuk melanjutkan rencananya.

Ancaman gelombang kedua dari pandemi Virus Corona baru masih tampak besar ketika kota-kota di seluruh Jepang dan seluruh dunia berupaya membuka kembali masyarakat.

3 dari 3 halaman

Status Tokyo Alert Bakal Dipertimbangkan Jika Kasus Naik

Koike mengatakan dia akan mempertimbangkan untuk mengeluarkan kembali permintaan penutupan bisnis jika rata-rata kasus baru melebihi 50.

Pejabat kota juga mengatakan bahwa sebagian besar kasus baru di Tokyo dapat ditelusuri kembali di Shinjuku Ward, pusat hiburan malam. Pekan lalu, kota itu mengirim staf ke daerah itu untuk mendesak warga agar mengambil tindakan pencegahan, mempraktikkan jarak sosial dan menghindari berada dalam ruang tertutup dan sirkulasi udara yang buruk.

Setelah mengeluarkan Tokyo Alert, Koike meminta penduduk untuk lebih berhati-hati dan tetap waspada. 

Pada saat yang sama, gedung Pemerintah Metropolitan Tokyo di Bangsal Shinjuku dan Jembatan Pelangi di Teluk Tokyo menyalakan lampu berwarna merah untuk mencerminkan urgensi peringatan gubernur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.