Sukses

PM Australia Minta Maaf Usai Dituduh Menyangkal Isu Perbudakan

Perdana Menteri Australia, pada Jumat 12 Juni 2020, meminta maaf kepada kritikus yang menuduhnya menyangkal sejarah perbudakan negara tersebut.

Liputan6.com, Sydney - Perdana Menteri Australia, pada Jumat 12 Juni 2020, meminta maaf kepada kritikus yang menuduhnya menyangkal sejarah perbudakan negara tersebut, menyusul langkah pemerintah negara bagian yang mengumumkan akan menghapus nama mantan raja Belgia dari pegunungan sebagai bagian dari peninjauan ulang secara global atas isu ketidakadilan rasial.

Perdana Menteri Scott Morrison telah membela peninggalan penjelajah Inggris James Cook, yang pada tahun 1770 memetakan situs koloni Inggris pertama di Australia, yang sekarang menjadi Sydney.

Morrison, yang mewakili distrik pemilihan umum Sydney di Cook di Parlemen, menggambarkan pahlawan angkatan laut Inggris sebagai "sangat maju dari masanya" dan mendesak orang-orang yang menyerukan agar distrik tersebut diganti namanya untuk "mendapatkan sedikit kenyataan pada hal ini," jelasnya pada Kamis 10 Juni 2020.

"Sementara kapal budak terus melakukan perjalanan di seluruh dunia, ketika Australia didirikan ... itu adalah tempat yang cukup brutal, tetapi tidak ada perbudakan di Australia," kata Morrison kepada Sydney Radio 2BG.

Namun dia membuat permintaan maaf yang langka pada Jumat 12 Juni 2020, setelah para kritikus menunjukkan bahwa puluhan ribu penduduk kepulauan Pasifik Selatan telah dipaksa untuk bekerja di perkebunan tebu Australia pada abad ke-19 dan masyarakat adat Australia telah dipaksa bekerja untuk upah yang tidak pernah dibayar, demikian seperti dikutip dari Associated Press, Sabtu (13/6/2020).

Situs web sati Advokat Betoota memuat berita utama, "'Australia Tidak Pernah Memiliki Perbudakan,' kata PM dan Berpikir bahwa Tebu Hanya Memotong Sendiri Selama 100 Tahun."

"Komentar saya tidak dimaksudkan untuk menyebabkan pelanggaran dan jika saya melakukannya, saya sangat menyesal dan meminta maaf untuk itu," kata Morrison, menambahkan bahwa perbudakan tidak sah menurut hukum di koloni asli Sydney.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentang Pegunungan King Leopold

Sementara PM Morrison berusaha menahan diri publik dalam mengevaluasi kembali tokoh-tokoh sejarah dalam menanggapi kematian George Floyd di tangan petugas polisi Minneapolis, Amerika Serikat, pemerintah negara bagian Australia Barat mengumumkan akan mengganti nama Bentang Pegunungan King Leopold di barat laut Australia.

Menteri Pertanahan Ben Benatt, warga negara Australia, menggambarkan Raja Belgia Leopold II sebagai "tiran jahat" yang seharusnya tidak dihormati.

Pengumuman itu muncul setelah sebuah patung raja, yang memaksa banyak orang menjadi budak di Kongo, diasingkan dan dipindahkan dari kota Antwerp, Belgia.

Penolakan Morrison terhadap perbudakan Australia terjadi sebagai pukulan kedua bagi banyak penduduk asli Australia setelah ia menyatakan terima kasih setelah kematian Floyd bahwa Australia tidak berbagi masalah dengan AS tentang kekerasan polisi terhadap penduduk kulit hitam.

Aborigin menyumbang 2% dari populasi dewasa Australia dan 27% dari populasi penjara, dengan lebih dari 340 penduduk asli Australia mati dalam tahanan polisi atau tahanan dalam tiga dekade terakhir.

Patung Cook di taman Sydney menjadi fokus para pengunjuk rasa anti-rasisme di Sydney pada hari Jumat. Sebuah pondok yang dibangun oleh orang tua Cook di Inggris pada tahun 1755 yang dipindahkan ke kota Melbourne di Australia pada tahun 1930-an juga menjadi sasaran para pengacau aktivis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.