Sukses

Semut Kanibal hingga Serangga Mirip Donald Trump, 6 Hewan Misterius yang Pernah Ditemukan

Liputan6.com, Jakarta Planet kita penuh dengan makhluk aneh dan indah yang masih menunggu untuk ditemukan. Tak sedikit pula yang misterius dan pertama kali muncul.

Penampakannya bahkan terbilang unik, bikin geleng-geleng kepala. Seperti apa?

Berikut adalah beberapa penemuan makhluk unik di seluruh penjuru dunia, Liputan6.com kutip dari sejumlah sumber, Rabu (20/5/2020):

1. Tardigrades Bisa Memakan Mulutnya Sendiri

Dua ekor tardigrade bisa bertahan hidup setelah 30 tahun lebih terperangkap es. Si 'beruang air' bahkan bisa bertelur!

Tardigrades, invertebrata yang nyaris mikroskopis ini dilaporkan bisa menelan mulut mereka sendiri

Mengutip Live Science, ahli biologi Rafael Martín-Ledo mengambil tardigrade dari Sungai Saja di Spanyol utara dan menemukan kristal aneh di perut water bear atau beruang air. Martín-Ledo curiga bahwa potongan-potongan berkilauan itu mungkin berupa aragonit, mineral yang terbuat dari karbon dan kalsium yang membentuk stylet penusuk makanan tardigrades di kedua sisi mulut mereka.

Hewan-hewan kecil kadang-kadang meranggas dan menumbuhkan kembali setiap stylet, sehingga dapat dibayangkan bahwa potongan-potongan mulut mereka terkadang berakhir di perut gemuk mereka.

2. Semut Kanibal

Ilustrasi semut

Semut yang terperangkap di dalam bunker nuklir yang ditinggalkan di Polandia barat melahap orang mati mereka untuk bertahan hidup, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan November.

Pada 2015, laporan Live Science menyebut para peneliti pertama kali menemukan koloni semut kanibal yang berlari melintasi lantai bunker militer Soviet di dekat perbatasan Jerman. Beberapa ribu semut pekerja jatuh melalui pipa di langit-langit bunker dan tidak dapat memanjat kembali.

Saat memeriksa bangkai semut mati yang ditemukan di lantai, para ilmuwan menemukan bahwa bekas gigitan serangga melapisi banyak serangga. Tapi kisah mengerikan ini memang memiliki akhir yang agak bahagia: Para peneliti memasang jalan bagi semut untuk melarikan diri, dan ketika tim kembali setahun kemudian, sebagian besar semut telah meninggalkan bunker.

2 dari 6 halaman

3. Semut Zombie

Ini adalah semut yang terinfeksi oleh jamur tertentu, yang kemudian berkeliaran tanpa tujuan, dan akhirnya merangkak di atas semak untuk mati - tampaknya semua di bawah pengaruh kontrol pikiran, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Juli 2019.

Jamur Kimflemingiae Ophiocordyceps mengontrol semut jenis carpenter ants yang malang, dan entah bagaimana mengarahkan mereka untuk menggigit keras pada permukaan di dekatnya, biasanya bagian atas tanaman. Semut mempertahankan cengkeraman kematian setelah kematiannya, pada saat itulah jamur muncul dari tubuh tak bernyawa serangga dan mencari inang baru.

Para ilmuwan tidak menemukan bukti bahwa jamur itu mengotak-atik sel otak semut, tetapi mereka mengidentifikasi partikel misterius yang dapat menyebabkan otot mulut serangga berkontraksi.

 

3 dari 6 halaman

4. Cicadas Terinfeksi Jamur

Cicadas adalah keluarga super, Cicadoidea, serangga dalam urutan Hemiptera. Mereka berada di subordo Auchenorrhyncha, bersama dengan serangga melompat kecil seperti leafhoppers dan froghoppers.

Binatang sejenis jangkrik yang terinfeksi jamur tertentu ini mengembangkan aliran energi seperti narkoba, yang pernah digunakan dalam pesta seks.

Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, jamur Massopora mengandung sejumlah bahan kimia, termasuk jejak amfetamin dan halusinogen, yang memicu jangkrik berlaku aneh dalam seks. Jantannya bahkan akan mencoba untuk bersanggama satu sama lain dan meniru perilaku betina untuk menarik pasangan di bawah pengaruh jamur.

Jamur menyebar melalui pertukaran seksual ini, dan juga dilepaskan oleh serangga yang terinfeksi dalam semprotan dramatis bagian tubuh yang hancur. "Itu sebabnya kami menyebutnya flying salt shakers of death (pengocok garam yang menerbangkan kematian)," kata rekan penulis Matt Kasson kepada Live Science.

4 dari 6 halaman

5. Neopalpa donaldtrumpi

Ngengat mungil ini ditemukan di California Selatan pada 2017. Menjadi perhatian media berkat bulu yang berwarna oranye, yang memiliki kemiripan yang mencolok dengan gaya rambut Presiden AS Donald Trump.

Oleh sebab itulah ia diberi nama terinsipirasi Presiden AS saat itu. Ironisnya, habitat ngengat itu meluas hingga ke negara bagian Baja California di Meksiko - yang membagi wilayah tembok perbatasan yang diusulkan Trump.

5 dari 6 halaman

6. Headless Chicken Sea Monster

Headless chicken sea monster atau 'Monster laut ayam tanpa kepala' ini bukan ayam. Melainkan teripang laut dalam.

Binatang dengan nama asli Enypniastes eximia terekam berenang di Antartika Timur pada tahun 2018. Sebelumnya terpantau di Teluk Meksiko.

Meskipun sebagian besar teripang menghabiskan waktunya di dasar lautan, spesimen seperti ini menghabiskan hari-hari mereka mengambang di lautan, hanya mendarat untuk makan.

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: