Sukses

AS Duga Peretas China Berusaha Curi Penelitian Soal Vaksin Corona COVID-19

Sebuah laporan mengatakan bahwa peretas China berusaha mencuri penelitian tentang pengembangan vaksin Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Biro Penyelidikan Federal AS dan ahli keamanan siber meyakini bahwa para peretas asal China telah berusaha mencuri penelitian tentang pengembangan vaksin terhadap Virus Corona COVID-19. Hal ini pun telah dilaporkan oleh dua surat kabar kenamaan di sana pada Senin 11 Mei 2020. 

Wall Street Journal dan New York Times melaporkan bahwa FBI dan Departemen Keamanan Dalam Negeri AS berencana mengeluarkan peringatan tentang peretasan China, ketika pemerintah dan perusahaan swasta sedang berlomba untuk mengembangkan vaksin untuk COVID-19.

Mengutip laman Channel News Asia, Selasa (12/5/2020), para peretas juga menargetkan informasi dan kekayaan intelektual tentang perawatan dan pengujian untuk COVID-19.

Laporan itu juga menambahkan bahwa para pejabat AS menuduh para peretas itu terkait dengan pemerintah China.

Di Beijing, juru bicara kementerian luar negeri Zhao Lijian menolak tuduhan itu, dengan mengatakan China dengan tegas menentang semua serangan dunia maya.

"Kami memimpin dunia dalam pengobatan COVID-19 dan penelitian vaksin. Adalah tidak bermoral menargetkan China dengan rumor dan fitnah tanpa adanya bukti," kata Zhao.

Ditanya tentang laporan itu, Presiden Donald Trump tidak mengonfirmasinya, tetapi mengatakan: "Apa lagi yang baru dengan China? Apa lagi yang baru? Ceritakan kepada saya. Saya tidak senang dengan China."

"Kami mengamatinya dengan sangat cermat," tambahnya.

Sebuah peringatan dari AS akan menambah serangkaian peringatan dan laporan yang menuduh para peretas yang didukung pemerintah di Iran, Korea Utara, Rusia, dan China melakukan aktivitas jahat terkait pandemi, dari memompa berita palsu hingga menargetkan pekerja dan ilmuwan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serangan Dunia Maya Terhadap Tenaga Medis

The New York Times menyebut bahwa kejadian ini bisa menjadi awal serangan balik yang disetujui secara resmi oleh agen-agen AS yang terlibat dalam perang cyber, termasuk Komando Cyber ​​Pentagon dan Badan Keamanan Nasional.

Pekan lalu dalam pesan bersama, Inggris dan Amerika Serikat memperingatkan akan kemungkinan meningkatnya serangan dunia maya terhadap para petugas kesehatan profesional yang terlibat dalam memerangi Virus Corona baru oleh penjahat terorganisir "yang sering dikaitkan dengan aktor negara lain". 

Pusat Keamanan Cyber ​​Nasional Inggris dan Badan Keamanan Infrastruktur Cybersecurity dan Infrastruktur AS mengatakan mereka telah mendeteksi taktik "penyemprotan kata sandi" berskala besar, peretas yang mencoba mengakses akun melalui kata sandi yang umum digunakan yang ditujukan untuk badan kesehatan dan organisasi penelitian medis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.