Sukses

Jadi Kunci Pelacakan, Kenapa Pengujian Virus Corona COVID-19 Sulit Dilakukan?

Pengujian terhadap Virus Corona COVID-19 seharusnya menjadi kunci pengawasan terhadap penyebaran virus.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika harus menghentikan krisis Virus Corona COVID-19, pengujian virus adalah kunci untuk mendiagnosis dan melacak epidemi. Ini satu-satunya cara untuk mengungkap berapa banyak orang yang telah terinfeksi, atau dapat menginfeksi orang lain.

Terlepas dari betapa pentingnya pengujian, beberapa negara memiliki jauh lebih banyak pengujian daripada yang lain dan pengujian itu tidak tersedia untuk semua orang. 

Menurut laporan BBC, Kamis (23/4/2020), alasannya bermuara pada beberapa faktor, termasuk waktu, logistik, dan kompleksitas pengumpulan sampel, mendapatkan bahan baku dan peralatan untuk pengujian, dan memiliki keahlian untuk melakukan pengujian secara akurat.   

Negara-negara yang bertindak paling cepat dalam hal pengujian juga merupakan salah satu keberhasilan terbesar dari penahanan virus. 

Misalnya Korea Selatan, yang mulai menguji awal di klinik, rumah sakit dan pusat drive-thru. Kasus pertama yang dikonfirmasi adalah pada 20 Januari 2020. Enam minggu kemudian, pada 16 Maret, Korea Selatan menguji 2,13 orang per 1.000. 

Italia, di sisi lain, yang memiliki kasus dikonfirmasi pertama pada 31 Januari, sedang menguji 1,65 orang di antara 1.000 orang per enam minggu. Sekalipun Italia meningkatkan jumlahnya secara signifikan, negara itu saat ini sedang menguji persentase populasi yang jauh lebih tinggi daripada Korea Selatan, yaitu 24,5 orang per 1.000 dibandingkan dengan Korea Selatan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Masalah Bagi Sejumlah Negara

Jika pengujian dilakukan secara lebih sering, berarti virus memiliki kesempatan untuk menyebar ke seluruh komunitas pada saat pengujian dilaksanakan. 

Kemudian muncul ekonomi sederhana: ketika permintaan melonjak, pasokan terkuras. 

Negara-negara yang bereaksi lambat memerlukan lebih banyak tes untuk mengidentifikasi lebih banyak infeksi sebagai hasilnya.  

Pengujian saja tidak menyebabkan penurunan penyakit.

Masih ada pertanyaan tentang bagaimana hasil tes yang dapat diandalkan untuk orang-orang yang tidak menunjukkan gejala, misalnya. Dan langkah terbesar telah terlihat di negara-negara yang menggabungkan pengujian dengan pelacakan kontak dan tindakan penahanan.

Meski begitu, pengujian memungkinkan otoritas kesehatan masyarakat untuk mengumpulkan data untuk membuat keputusan kebijakan yang tepat - termasuk tentang apakah kebijakan social distancing yang lebih selektif atau lebih ketat diperlukan.

Negara-negara yang tertinggal masih berusaha meningkatkan kapasitas pengujian. Pada awal April 2020, misalnya, Menteri Kesehatan Inggris mengumumkan inisiatif untuk meningkatkan hingga 100.000 tes sehari pada akhir April, sepuluh kali lipat dari 10.000 sehari pada akhir Maret.

Tetapi ketika berbicara mengenai tes COVID-19, peningkatan oleh faktor 10 atau 100 tidak sesederhana itu.

Itu karena proses pengujian COVID-19 yang akurat membutuhkan koordinasi sejumlah proses. Pertama, Anda harus mendapatkan test kit, proses usap hidung yang panjang dan bahan kimia diperlukan untuk memprosesnya. Ini kemudian dikirim ke teknisi laboratorium terlatih yang menganalisis sampel menggunakan mesin PCR Dan akhirnya, perlu ada sistem untuk menerima sampel dan melaporkan hasil kepada orang yang tepat.

Laboratorium yang sebelumnya hanya melakukan penelitian (berlawanan dengan pengujian untuk perawatan pasien) tidak hanya harus menjalankan tes secara akurat, mereka juga harus menerapkan komputer baru dan sistem administrasi untuk mengumpulkan informasi pasien dan kemudian mendistribusikan hasilnya kembali ke penyedia layanan kesehatan.

Masalah menjadi lebih rumit ketika banyak negara, termasuk Inggris dan AS, memiliki masalah dalam mendapatkan pasokan yang cukup untuk pengujian. 

Ini bukan masalah kekurangan bahan baku tetapi memastikan bahan-bahan tersebut murni dan dicampur dalam jumlah yang tepat. Setiap merek uji memiliki campuran unik sekitar 20 bahan kimia. Setiap set membutuhkan kemasan uniknya sendiri. 

Selain bahan kimia, banyak laboratorium tidak memiliki mesin yang disetujui pemerintah. Di AS dan Korea Selatan, laboratorium diizinkan untuk mengajukan apa yang disebut aplikasi Otorisasi Penggunaan Darurat. Ini memungkinkan laboratorium mengembangkan tes mereka sendiri berdasarkan pada protokol pemerintah, tetapi mengubah mereka sesuai dengan peralatan.

Sebagai aturan umum, semakin mudah tes dilakukan, semakin sulit untuk dibuat. Tes COVID-19 pertama mudah dilakukan tetapi membutuhkan keahlian khusus. Banyak tes awal membutuhkan waktu sekitar empat jam - dua jam kerja langsung, dua jam di mesin. Instrumen Roche dan Abbot, tersedia di beberapa laboratorium akademik, dapat menjalankan 80 hingga 100 sampel sekaligus. Mereka sebagian terotomatisasi tetapi masih membutuhkan teknisi yang terampil. Tes yang lebih sederhana yang dapat dijalankan oleh lab rumah sakit yang lebih kecil mengenai pasar, tetapi ketersediaannya masih sedikit. 

Setelah laboratorium disiapkan dan tes diperoleh, prosesnya dapat dimulai dan dimulai dengan pra-tes.

3 dari 5 halaman

Prosedur Pra-Tes

Tes awal dimulai dengan usap hidun . Ini bukan cotton bud biasa, melainkan tongkat panjang dan kecil yang cukup lentur hingga ke telinga. Kapas ini terbuat dari nilon atau busa, bukan kapas yang menghambat tes.

Bahkan mendapatkan swab itu sulit berkat krisis. Copan Diagnostics Inc, yang berbasis di Italia utara, harus menerima izin pemerintah khusus untuk melanjutkan produksi meskipun Covid-19 dikunci. Produk Medis Puritan, yang berbasis di Maine, mengalami kekurangan tenaga kerja.

Akibatnya, usap hidung sekarang berharga. Beberapa pengusaha mencoba untuk menghasilkan lebih banyak dengan pencetakan 3D , tetapi ada masalah gigi, seperti halnya dengan teknologi baru. Dan vendor menagih 10 kali atau lebih dari biaya penyeka.

Setelah swab sampai ke laboratorium, teknisi laboratorium yang sangat terampil, mengenakan pakaian pelindung yang sama seperti perawat dan dokter, menempatkannya ke dalam kotak bahaya biosafety - kotak kaca dengan aliran udara terkontrol untuk mencegah virus keluar.

Prosesnya berbahaya. Pekerjaan laboratorium menghasilkan tetesan. Hanya satu tetesan yang mungkin mengandung jutaan virus yang dapat mencemari pekerja laboratorium atau laboratorium. Itu juga bisa mendarat di sampel lain. Jika itu terjadi, seorang pasien yang tidak memiliki Covid-19 akan diberitahu bahwa mereka memilikinya.

Direktur laboratorium menyukai metafora memasak. Menjalankan tes laboratorium, kata mereka, membutuhkan perhatian koki terhadap detail, mengukur setiap bahan secara tepat pada waktu yang tepat, dalam urutan yang tepat dan pada suhu yang tepat. Tapi tidak seperti memasak, di mana sedikit bumbu tambahan di sini atau di sana dapat meningkatkan produk akhir, atau paling buruk merusak rasa, tes laboratorium yang salah dapat menghasilkan hasil yang mematikan.   

Teknisi ahli dengan keterampilan teliti untuk menjalankan tes adalah komoditas langka di banyak negara .

4 dari 5 halaman

Fase Pengujian

Fase pengujian membutuhkan dua langkah penting. Pertama, ekstraksi, mengambil virus potensial dari kotoran lendir pada swab, dan kedua, deteksi.

Ahli teknologi memanipulasi sampel ke dalam tabung untuk dimuat ke instrumen di mana bahan kimia membuka lapisan virus ("mahkota" virus corona baru), dan mengisolasi RNA murni, satu untai tunggal bahan genetik.

Selanjutnya, mereka memipetkan RNA ke dalam disk dengan sumur kecil. Masing-masing memiliki reagen yang memburu bagian tertentu dari genom virus COVID-19.

Cakram pun dibawa ke mesin di mana bahan kimia menggandakan potongan pendek genom virus sekitar satu miliar kali. Potongan pendek ini kemudian dideteksi oleh probe fluoresens yang bersinar jika COVID-19 terdeteksi.

Jika sampel pasien tidak memiliki virus, maka tidak ada yang terjadi. Tidak ada multiplikasi. Tidak ada cahaya

Teknolog kemudian memeriksa kontrol (sampel positif dan negatif yang diketahui yang membuktikan proses itu berhasil), memasukkan hasilnya ke dalam komputer, dan mendapat hasilnya. 

 

5 dari 5 halaman

Memastikan Akurasi

Satu-satunya hal yang lebih buruk daripada tidak ada tes adalah tes yang salah. Laboratorium hanya dapat mulai menguji pasien setelah mereka melakukan penelitian yang cukup untuk memastikan keandalan. Tes ini biasanya memakan waktu enam minggu ke atas, tetapi teknisi telah bekerja dua kali lipat untuk mempercepat proses.

Untuk membuat masalah menjadi lebih rumit, kadang-kadang pasien dapat melakukan tes negatif bahkan ketika mereka sakit. Mereka mungkin memiliki virus di paru-paru mereka, tetapi tidak lagi melepaskannya di dekat hidung di mana ia akan menempel pada swab. Atau, sampel tidak diperoleh dengan benar.

Tentu saja, ini semua menggambarkan swabbing sebagai cara mencari virus hidup pada pasien.

Tetapi desas-desus terbaru dalam pengujian adalah tes darah : tes antibodi atau serologi, yang dapat digunakan untuk menentukan apakah seseorang memiliki penyakit di masa lalu dan mengembangkan sel-sel kekebalan untuk pulih darinya. Ini mendeteksi satu bagian spesifik dari respon imun pasien terhadap penyakit - keberadaan antibodi. Diharapkan protein ini dapat melindungi pasien dari infeksi ulang, meskipun masih ada perlindungan yang harus dilihat.

Merancang tes antibodi yang akurat mengantarkan pada tantangan baru. Itu harus memastikan bahwa tes menemukan sel-sel kekebalan tubuh yang tepat yang melawan kuman khusus ini, dan bukan virus corona run-of-the-mill, seperti flu biasa. Dan beberapa orang mungkin sembuh dari penyakit tanpa pernah mengembangkan antibodi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.