Sukses

Tak Hanya di Negara Barat, Rasisme Soal Corona COVID-19 Juga Terjadi di China

Fenomena rasisme yang terjadi selama pandemi Virus Corona jenis baru tak hanya menimpa masyarakat Asia di negara-negara barat namun ternyata juga menimpa masyarakat asing di China.

Liputan6.com, Guangzhou - Komunitas Afrika di Guangzhou mengalami kegelisahan setelah muncul sebuah akun yang tersebar luas di media sosial tentang orang-orang yang kehilangan tempat tinggal pada minggu ini. Hal ini bersamaan dengan munculnya peringatan di China terhadap kasus impor Virus Corona COVID-19 yang kemudian memicu sentimen anti-asing.

Di salah satu kota China selatan, orang Afrika telah diusir dari rumah mereka oleh tuan tanah dan bahkan dari hotel, meskipun banyak yang mengklaim tidak memiliki riwayat perjalanan baru-baru ini atau kontak yang diketahui dengan pasien COVID-19.

Melansir laman CNN, Senin (13/4/2020), sejumlah orang Afrika yang tinggal di Guangzhou, yang banyak di antaranya menceritakan pengalaman yang sama: dibiarkan tanpa rumah, menjadi sasaran pengujian acak untuk COVID-19, dan dikarantina selama 14 hari di rumah mereka, meskipun tidak memiliki gejala atau kontak dengan pasien yang dikenal.

Otoritas kesehatan di provinsi Guangdong dan Biro Keamanan Umum Guangzhou tidak memberi komentar apapun terkait hal ini. 

Langkah ini dilakukan di tengah liputan media yang meningkat tentang apa yang disebut gelombang kedua kasus virus corona, yang berasal dari infeksi di luar China.

Awal pekan ini , Presiden Xi Jinping mendesak pihak berwenang untuk berhati-hati mengawasi kasus-kasus impor dari negara lain, lapor kantor berita negara Xinhua.

Tetapi satu aspek dari data tersebut relatif kurang mendapat perhatian publik, di mana pada 26 Maret, Wakil Menteri Luar Negeri Luo Zhaohui mengatakan 90% dari kasus impor Tiongkok memiliki paspor Tiongkok.

Pada Kamis sore, juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina Zhao Lijian mengatakan: "Sejak awal wabah Virus Corona baru, China dan negara-negara Afrika selalu saling mendukung dan selalu berjuang melawan virus bersama. Saya ingin menekankan bahwa pemerintah China memperlakukan semua orang asing di China secara setara, menentang praktik berbeda yang ditargetkan pada kelompok orang tertentu, dan tidak memiliki toleransi terhadap kata-kata dan tindakan diskriminatif."

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Populasi Orang Afrika di China

Guangzhou telah lama memiliki komunitas Afrika terbesar di China. Karena banyak orang Afrika di kota itu memiliki visa bisnis jangka pendek, mereka melakukan perjalanan ke China beberapa kali setahun, sehingga sulit untuk menghitung ukuran populasi Afrika di kota itu.

Tetapi pada 2017, sekitar 320.000 orang Afrika memasuki atau meninggalkan China melalui Guangzhou, menurut Xinhua.

Penduduk Afrika mengatakan permusuhan lokal terhadap kehadiran mereka bukanlah hal baru. Tetapi ketika kasus Virus Corona baru muncul di komunitas Afrika bulan ini, itu berfungsi untuk memperkuat ketegangan yang ada.

Sebuah laporan pada 4 April menuduh bahwa seorang warga negara Nigeria dengan COVID-19 telah menyerang seorang perawat Tiongkok yang mencoba menghentikannya meninggalkan bangsal isolasi di sebuah rumah sakit Guangzhou.

Laporan itu dibagikan secara luas di media sosial. Kemudian pada 7 April, otoritas Guangzhou mengatakan lima orang Nigeria dinyatakan positif COVID-19.

Khawatir dengan sekelompok masyarakat Afrika, otoritas Guangzhou meningkatkan tingkat risiko di Yuexiu dan Baiyun, daerah yang menjadi rumah bagi banyak masyarakat Afrika di kota itu.

Pemerintah setempat melaporkan 111 kasus impor COVID-19 di Guangzhou, dengan 28 pasien dari Inggris dan 18 dari AS. Dalam wawancara dengan CNN, warga negara Amerika dan Inggris di Guangzhou mengatakan mereka belum mendengar laporan pengujian paksa, penggusuran di rumah dan tindakan karantina tambahan yang dikenakan pada anggota komunitas mereka.

Pada hari Sabtu, Konsulat AS di Guangzhou memperingatkan bagi masyarakat Afrika-Amerika untuk menghindari perjalanan ke kota.

"Menanggapi peningkatan infeksi COVID-19, para pejabat di wilayah metropolitan Guangzhou meningkatkan pengawasan warga negara asing," kata konsulat dalam sebuah pernyataan.

"Sebagai bagian dari kampanye ini, polisi memerintahkan bar dan restoran untuk tidak melayani klien yang tampaknya berasal dari Afrika.

Selain itu, pejabat setempat meluncurkan serangkaian tes wajib untuk COVID-19, diikuti oleh karantina mandiri wajib, untuk siapa pun dengan kontak Afrika, terlepas dari riwayat perjalanan terakhir atau penyelesaian karantina sebelumnya.

"Populasi Afrika-Amerika juga melaporkan bahwa beberapa bisnis dan hotel menolak untuk melakukan bisnis dengan mereka," katanya. 

3 dari 3 halaman

Pasien Kulit Hitam Alami Diskriminasi

Kelima orang Nigeria yang dikonfirmasikan memiliki COVID-19 telah mengunjungi delapan restoran, sembilan hotel, dan 12 tempat umum sebelum dinyatakan positif, menurut media Global Times yang dikelola pemerintah.

Sejak itu, orang Afrika di seluruh provinsi Guangdong melaporkan telah diuji di rumah mereka, meskipun tidak memiliki riwayat perjalanan baru-baru ini atau kontak dengan pasien COVID-19.

Maano Gaasite, seorang mahasiswa internasional dari Botswana di sebuah universitas Guangzhou, mengatakan bahwa pada pukul 3 sore pada hari Minggu dia menerima pesan WeChat dari administrator kursusnya bahwa dia perlu diuji, meskipun tidak meninggalkan China selama lebih dari enam bulan.

"Hanya ketika saya sampai di sana saya menyadari itu hanya siswa Afrika. Ada siswa lain dari India (di asrama saya, tetapi) mereka semua tidak ada di sana. Hanya komunitas kecil kami (orang Afrika)," katanya.

Petugas mengambil uji swab dari belakang tenggorokannya dan mengatakan mereka akan menelepon jika dia terkena virus. Namun, dia tidak pernah mendengar kembali.

Sebagai seorang mahasiswa, Gaasite mengatakan dia tidak memiliki kontak dengan komunitas perdagangan Nigeria.

Sementara itu, di Shenzhen, sebuah kota sekitar berjarak 140 kilometer dari selatan Guangzhou, Youssouf, seorang pria Senegal yang tidak ingin mengungkapkan nama keluarganya karena alasan keamanan, mengatakan bahwa pada pukul 1 siang pada hari Rabu, pihak berwenang China datang ke apartemennya walaupun gedung tersebut juga dihuni oleh banyak warga negara asing. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.