Sukses

Analis: Waspadai 'Kudeta Virus Corona' di Tengah Pandemi COVID-19

Analis memperingatkan bahwa bahwa pandemi virus corona yang sedang berkembang menyediakan perlindungan untuk beberapa perebutan kekuasaan yang berani.

Liputan6.com, Budapest - Untuk memerangi pandemi Virus Corona yang menyebar, negara-negara demokrasi di seluruh dunia mulai mengumumkan sejumlah kebijakan seperti status darurat, lockdown mendadak, dan peningkatan pengawasan publik.

Tapi di tengah itu semua, analis memperingatkan bahwa bahwa pandemi Virus Corona yang sedang berkembang menyediakan perlindungan untuk beberapa perebutan kekuasaan yang berani.

Para kritikus yang khawatir telah memberi fenomena ini julukan pedas: "kudeta virus corona," demikian seperti dikutip dari the Los Angeles Times, Sabtu (4/4/2020).

Contoh terakhir adalah di Hungaria, di mana parlemen pada Senin 30 Maret 2020 memberikan Perdana Menteri Viktor Orban memerintah dengan otoritas dan jangka waktu yang tidak terbatas. Orban, yang sudah terlibat dalam kampanye sistematis untuk mengkonsolidasikan kekuatannya dan meredam oposisi politik, beralasan bahwa tindakan itu diperlukan sebagai cara untuk memerangi wabah secara agresif.

"Terutama di negara demokrasi lemah, ini adalah tren percepatan yang sudah kita lihat," kata Sarah Repucci, yang mengepalai departemen analisis di Freedom House, sebuah kelompok think-tank yang berbasis di Washington yang selama bertahun-tahun telah mendokumentasikan erosi demokrasi di seluruh dunia.

Repucci mengutip Orban sebagai salah satu otokrat yang menggunakan pandemi Virus Corona sebagai alasan untuk mempercepat agenda represif mereka.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menyebar ke Penjuru Dunia, Apa Ciri-Ciri 'Kudeta Virus Corona'?

Dari Israel ke Brasil, dari Filipina ke Chile, ada tanda-tanda niat otokratis di balik tindakan pemimpin eksekutif yang seolah-olah didorong oleh pandemi virus corona, kata para analis.

Salah satunya adalah ketika langkah-langkah memberi pemimpin lebih banyak wewenang terbuka, yang jauh dari upaya penanganan pandemi.

Tanda peringatan lain, menurut analis, adalah langkah-langkah pemerintah yang baru diberlakukan secara khusus dirancang untuk menolak pengawasan oleh pengadilan atau anggota parlemen, atau tampaknya memiliki sedikit hubungan langsung dengan upaya aktual untuk menghentikan penyebaran infeksi.

Di Israel

Di Israel, wabah Virus Corona datang di tengah kebuntuan politik, dan pada saat yang berbahaya bagi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang berada di bawah dakwaan pidana atas tuduhan korupsi, penipuan, dan pelanggaran kepercayaan politis. Dia membantah melakukan kesalahan.

Di saat meluncurkan kampanye awal untuk menahan penyebaran virus, Netanyahu dan sekutunya menunda awal persidangannya dengan menutup pengadilan, menyerahkan wewenang pengawasan pemerintah yang belum pernah terjadi sebelumnya tanpa pengawasan parlemen, dan menghalangi penyelenggaraan Knesset baru, atau parlemen, di mana oposisi politik mengumpulkan mayoritas dalam pemilihan Maret 2020.

Kemudian, melalui manuver cerdik, Netanyahu mengambil keuntungan dari oposisi yang retak dan berhasil membuat saingan utamanya, Benny Gantz, setuju untuk melayani di bawahnya. Netanyahu, pemimpin terlama di negara itu, mengatakan beratnya krisis menuntut persatuan; Gantz, seorang mantan kepala militer, menggunakan metafora militer klasik untuk menjelaskan tentang perubahan sikapnya, dengan mengatakan bahwa ia tidak ingin menjadi orang yang menolak untuk membantu membawa tandu keluar dari medan perang.

"Kata 'ajaib' terlalu lemah untuk menggambarkan pencapaian yang menakjubkan ini, yang bukan semata-mata karena kemampuan politiknya," tulis kolumnis Yossi Verter di surat kabar Haaretz, Senin 30 Maret 2020. Kedatangan pandemi di Israel, Verter menulis, muncul di saat yang tepat bagi Netanyahu, meskipun ada kritikus yang menyebut intriknya sebagai "kudeta virus corona."

Seperti virus itu sendiri, perebutan kekuasaan dapat mengambil kualitas tingkat penularan, terutama ketika demokrasi yang sudah mapan menawarkan sedikit cara untuk melawan balik upaya pihak-pihak yang ingin menggoyahnya.

"Ini adalah sinyal berbahaya bagi calon otokrat mengenai apa yang bisa mereka dapatkan selama krisis ini," kata R. Daniel Kelemen, seorang profesor ilmu politik dan hukum di Rutgers University, merujuk pada Uni Eropa yang diam terhadap langkah PM Hungaria Viktor Orban.

Di Washington DC, tindakan pemimpin Hungaria itu menuai kritik tajam terhadap Capitol Hill. Anggota DPR AS, Eliot L. Engel dari Partai Demokrat yang mengetuai Komite Urusan Luar Negeri DPR, menyebutnya "manuver jangkauan terbaru" oleh Orban.

"Penghinaan serius terhadap demokrasi di mana saja adalah keterlaluan, dan khususnya di dalam sekutu NATO dan anggota Uni Eropa," tulisnya dalam sebuah pernyataan. Tetapi Gedung Putih, tempat Orban disambut hangat oleh Presiden Trump kurang dari setahun yang lalu, tidak mengatakan apa pun di depan umum.

 

3 dari 5 halaman

Di Filipina

Sekutu Presiden Donald Trump lainnya memiliki respons beragam dalam upaya untuk memperketat otoritas mereka di tengah pandemi virus corona.

Di Filipina, Presiden Rodrigo Duterte, yang terkenal karena eksekusi di luar hukum untuk menangani pelaku narkotika, telah diberikan kekuatan darurat luas untuk menghadapi krisis kesehatan, meskipun anggota parlemen menolak keras ketentuan yang memungkinkannya mengambil alih bisnis swasta.

Meski begitu, kelompok-kelompok hak asasi merasa khawatir dengan ruang lingkup kekuasaan Presiden Duterte yang diperluas.

 

4 dari 5 halaman

Di Amerika Latin

Ada kekhawatiran yang berkembang bahwa beberapa pemimpin di Amerika Latin dapat menggunakan upaya meredam pandemi virus corona sebagai alasan untuk menjaga agar perbedaan pendapat tetap tertutup.

Di Chile, Presiden Sebastián Piñera mendeklarasikan 90 hari sebagai "bencana alam", yang kemungkinan akan menekan sisa-sisa terakhir protes jalanan besar-besaran atas ketidaksetaraan ekonomi yang terjadi di sana pada akhir 2019.

Di Bolivia, di mana Presiden Evo Morales terpaksa mengundurkan diri dan pergi ke pengasingan di tengah demonstrasi besar-besaran anti-pemerintah tahun lalu, pemilihan presiden yang dianggap penting untuk memulihkan stabilitas telah ditunda karena COVID-19.

Ketika pandemi bergeser dari China ke bagian lain dunia, Trump awalnya mengecilkan ancaman, seperti halnya beberapa pemimpin otokratis yang dekatnya. Sampai akhir pekan lalu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menaruh wajah optimis soal wabah.

"Dengan mematahkan kecepatan penyebaran virus dalam dua hingga tiga minggu, kita akan melewati periode ini dengan kerusakan sesedikit mungkin," Erdogan, yang pemerintahnya dituduh tidak transparan dalam mengumumkan ruang lingkup infeksi dan di mana mereka telah terjadi, berujar dalam pidato yang disiarkan televisi 25 Maret 2020.

Pemimpin lain yang menganggap dirinya sebagai sejenis kerabat Trump tengah menghadapi hambatan politis atas pendekatan yang awalnya menolak pandemi.

Presiden Brasil Jair Bolsonaro, yang pada satu titik menyebut COVID-19 sebagai "flu ringan" telah berulang kali bertentangan dengan pedoman Kementerian Kesehatan negaranya sendiri, menyerukan orang-orang untuk kembali bekerja dan menghadiri pertemuan besar.

Tapi seperti Trump, pendekatannya terbukti mendapat respons yang terpolarisasi. Selama berminggu-minggu, puluhan ribu orang Brasil di kota-kota besar mencondongkan jendela mereka setiap malam, membanting pot untuk memprotes presiden.

Sementara itu, para pendukung Bolsonaro, melewati jalan-jalan dengan mobil yang dibungkus bendera nasional, membunyikan klakson untuk menunjukkan dukungan mereka kepada presiden dan kemarahan mereka pada penutupan bisnis.

 

5 dari 5 halaman

Di Rusia...

Presiden Rusia Vladimir Putin adalah sekutu Trump lainnya yang memiliki penasihat virus corona pribadi. Tetapi tidak seperti Trump, yang menempatkan dirinya di garis depan pada briefing tentang krisis, Putin telah membiarkan bawahan melakukan sebagian besar pembicaraan tentang perjalanan wabah.

Seperti yang sering terjadi, Moskow telah mengambil langkah-langkah sulit untuk mengendalikan penyebaran informasi mengenai pandemi, menetapkan hukuman berat untuk laporan berita atau posting media sosial yang bertentangan dengan akun resmi.

Rusia sejauh ini melaporkan hampir 2.500 kasus, dan banyak ahli internasional percaya jumlah ini sangat rendah.

Putin menderita 'salah langkah' pekan lalu, ketika dia mengunjungi rumah sakit dan difoto dalam peralatan biohazard penuh. Tetapi sebelumnya, tanpa alat pelindung, ia berjabatan tangan dengan kepala dokter rumah sakit, Denis Protsenko, yang kini dinyatakan positif terkena virus, menurut laporan berita.

Pada Selasa 31 Maret 2020, Kremlin belum mengatakan apakah Putin telah melaksanakan tes virus corona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.