Sukses

4-4-1973: Menara WTC New York Resmi Dibuka, Jadi Bangunan Tertinggi di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Menara World Trade Center (WTC) atau yang terkenal disebut sebagai "Menara Kembar", resmi dibuka di New York, Amerika Serikat pada 4 April 1973. Saat itu, menara tersebut menggantikan Empire State Building sebagai bangunan tertinggi di dunia.

Menara WTC tetap menjadi fitur dominan dari cakrawala Kota New York dan dikenal dunia meskipun mereka hanya memegang gelar itu selama setahun, jauh sebelum bangunan itu rusak karena serangan teroris pada 2001 silam.

Lebih dari satu dekade, perencanaan, perancangan dan pembersihan ruang dilakukan untuk World Trade Center. Pada 1943, Legislatif Negara Bagian New York awalnya menyetujui gagasan itu, namun rencana konkret tidak terwujud sampai 1960-an.

Untuk desain menara, Arsitek dari Menara WTC yaitu Minoru Yamasaki mengaku mendapatkan inspirasi dari arsitektur Arab. 

Pada Desember 1970, penyewa pertama pindah ke Menara Utara, dengan pembukaan resmi kedua bangunan berlangsung lebih dari dua tahun kemudian, demikian seperti dikutip dari history.com, Sabtu (4/4/2020). 

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ikon Terkenal Kota New York

Setelah 41 tahun, Empire State Building sebagai gedung tertinggi di dunia berakhir dengan adanya konstruksi dari Menara World Trade Center. Mereka digantikan oleh Menara Chicago Sears pada tahun berikutnya.

Menara WTC pada saat itu mengubah cakrawala Kota New York dan lanskap kota Lower Manhattan secara dramatis. Karena itu, bangunan tersebut sering dimasukkan dalam putaran scene film yang dibuat di New York.

Pada 1993, Menara WTC pertama kali ditargetkan teroris ketika sebuah bom meledak di garasi di bawah Menara Utara, yang menewaskan 6 orang dan melukai lebih dari 1.000 orang.

Hingga pada 11 September 2001, Menara WTC hancur dengan terjadinya serangan teroris yang memakan banyak korban. Sejak saat itu, bab terakhir telah membayangi seluruh kisah menara tersebut.

One World Trade Center adalah bangunan yang menggantikan Menara WTC, yang selesai pada 2014 dan saat ini merupakan bangunan tertinggi ketujuh di dunia.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: