Sukses

Lockdown Manila Akibat COVID-19 Timbulkan Kecemasan Warga Miskin Filipina

Lockdown yang kini diterapkan di kota Manila, Filipina akibat Virus Corona COVID-19 membuat warga miskin khawatir.

Liputan6.com, Manila - Presiden Filipina Rodrigo Duterte telah mengeluarkan perintah untuk melakukan lockdown terhadap ibu kota Filipina, Manila. Langkah tersebut dilakukan dikarenakan meluasnya penyebaran pandemi Virus Corona COVID-19 yang kini telah menyebar ke lebih dari 114 negara. 

Hal seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya, dan kini akan diterapkan mulai 15 Maret hingga 14 April. Hal ini tentu akan menghalangi perjalanan domestik, masuk dan keluar ibu kota yang secara tidak langsung membatasi pergerakan lebih dari 12 juta orang ke daerah tersebut. 

Aturan ini dinilai cara terbaik dari sisi pemerintah, namun rupanya tak semudah itu bagi mereka yang hidup dalam garis kemiskinan. Cecil Carino misalnya, salah satu penduduk di daerah San Roque, yang kini masih bimbang dan hanya memiliki waktu sebentar lagi untuk memutuskan untuk berada di pusat lockdown atau membawa anak-anaknya keluar dari kota Manila, dan meninggalkan suaminya.

"(Dia) akan tinggal. Tidak ada pekerjaan, tidak ada bayaran," katanya. "Tapi mungkin saja perusahaan akan tutup, mungkin besok."

Dalam pidatonya, Duterte berjanji untuk mengerahkan polisi dan militer untuk menanamkan "perdamaian dan ketertiban" selama penguncian, yang sebelumnya telah direkomendasikan oleh komite antar lembaga. Dia bersikeras tindakan itu "bukan darurat militer". Demikian seperti dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (14/3/2020). 

Tetapi pihak berwenang belum mengungkapkan ketentuan untuk bantuan keuangan dan subsidi perawatan kesehatan, meninggalkan lingkungan miskin seperti San Roque, rumah bagi sekitar 6.000 keluarga, dalam keadaan "kebingungan dan panik," kata Dr Joshua San Pedro, wakil ketua Koalisi untuk Rakyat Hak atas Kesehatan.

"Tampaknya sebagian besar seperti solusi militer dan polisi daripada intervensi kesehatan," katanya.

Perintah lockdown merekomendasikan karantina di seluruh kota, di salah satu dari 16 kota dan kotamadya Metro Manila, jika mereka melaporkan lebih dari dua kasus positif di komunitas yang berbeda.

Ini sudah terjadi di Kota Quezon, yang sejauh ini melaporkan enam dari 64 kasus Virus Corona yang dikonfirmasi di negara itu. Kota Quezon sendiri memiliki populasi lebih dari tiga juta.

Hal ini bisa membuat penduduk San Roque, banyak di antaranya bekerja di bidang konstruksi atau keamanan di kota-kota lain dan mendapat upah kurang dari upah minimum harian daerah itu sebesar 537 peso Filipina atau sekitar Rp 154.000, terlantar dari pekerjaan mereka dan dalam bahaya ekonomi.

"Saya berharap presiden akan mengatasi situasi itu," kata Carino. "Itu sebabnya orang-orang menjadi panik. Kami tidak aman."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sulit Bagi Mereka yang Tak Miliki Surat Kerja

San Roque, sebuah pemukiman kumuh, yang selama lebih dari satu dekade berjuang melawan perintah pembongkaran yang dirancang untuk membersihkan tanah untuk kondominium dan kasino juga terdampak. Penduduknya memiliki masalah yang lebih mendesak sekarang.

Filipina melaporkan 61 dari 64 kasus Virus Corona dalam sepekan terakhir, yang mengarah pada kritik keras terhadap persiapan lamban pemerintah untuk pandemi.

Ely Aboga, seorang penjaga keamanan di sebuah mal di Makati, mengatakan dia "sangat takut" terhadap virus itu dan khawatir tetangganya di San Roque tidak diberitahu tentang tingkat keparahannya.

Aboga, 52, mengatakan dia berencana membawa makanan dan pakaian untuk bekerja jika dirinya terjebak, tetapi dia belum membeli perlengkapan untuk istri dan empat anaknya. Dia tahu dia bisa kehilangan pekerjaannya kapan saja jika tempat kerjanya tutup.

"Bayaran saya baru minggu depan," katanya. "Aku tidak bisa membeli apa pun sekarang."

Diperkirakan tiga juta orang, yang tinggal di luar Metro Manila, melakukan perjalanan setiap hari ke ibu kota untuk bekerja.

Pada hari Kamis, sekretaris dalam negeri Filipina mengatakan para pekerja ini akan diizinkan pulang pergi asalkan mereka menunjukkan bukti pekerjaan mereka.

Ini akan berdampak pada ribuan "pekerja tidak resmi" seperti pengemudi becak dan pedagang kaki lima, kata Kai Ra Cabaron, petugas informasi publik untuk Kadamay, sebuah kelompok advokasi untuk masyarakat miskin perkotaan.

Pada hari Jumat, biro perdagangan Filipina mengatakan, pekerja informal harus mencari pekerjaan di luar Metro Manila selama penutupan jika mereka tidak terdaftar.

"Mereka tidak akan memiliki dokumentasi, alamat perusahaan mereka," kata Cabaron. "Mereka memiliki becak, jeepney, atau barang-barang mereka."

"Pemerintah tidak memikirkan orang-orang ini."

3 dari 4 halaman

Seperti Berjuang Sendiri

Dalam pidatonya, Duterte mengatakan pihak berwenang akan menegakkan langkah-langkah pembatasan perkumpulan massa di area publik, termasuk transportasi massal.

Ini mungkin mustahil di komunitas padat penduduk dan miskin seperti San Roque, di mana keluarga tinggal di satu atau dua kamar serta berbagi kamar mandi dengan tetangga.

Pada hari Jumat sore, akses air telah dimatikan di beberapa bagian masyarakat, membuat warga tidak bisa mencuci tangan.

Kurangnya air yang mengalir, akses ke makanan bergizi dan kondisi perumahan yang bobrok di tengah masyarakat miskin membuat "saran seperti mencuci tangan, menjaga nutrisi yang baik, dan isolasi diri menjadi masalah baru," kata San Pedro.

"Satu-satunya hal yang dapat mereka ikuti dengan menjaga jarak sosial adalah meminimalkan beso-beso (pelukan tradisional atau ciuman di pipi) kata Estrelieta Bagasbas, ketua Kadamay (organisasi bantuan bagi kaum miskin) San Roque.

"Tapi karena rumah-rumahnya kecil, mereka tidak sanggup memberi jarak (antar satu dengan yang lain)."

Bagasbas yang usianya 64 tahun, khawatir bahwa penduduk tidak dapat mengunjungi rumah sakit jika mereka sakit.

Pada hari Rabu, Sekretaris Kesehatan Francisco Duque III mengatakan bahwa uji Virus Corona diberikan secara gratis, tetapi penduduk terbiasa dikenakan biaya sekitar 2.000 peso Filipina (Rp 500.000) untuk kunjungan dokter, katanya.

Beberapa warga tetap tidak peduli. Anak-anak, yang duduk berdampingan, bermain bersama, para pemuda berjejalan di aula kolam renang. Beberapa warga mengenakan masker atau pembersih tangan; beberapa masih menawarkan jabat tangan adat daripada benjolan siku yang sekarang direkomendasikan.

Hingga kini, pejabat pemerintah belum mengunjungi San Roque untuk memberi tahu warga tentang pandemi Virus Corona, kata Bagasbas. Mereka yang memahami ancaman virus marah, merasa seperti mereka dibiarkan berjuang sendiri.

"Mereka berjuang. Mereka menangisi situasi," katanya. "Di mana presiden kita? Di mana walikota kita?"

4 dari 4 halaman

Pemerintah Tak Siap

Terdapat kekurangan parah pada tes COVID-19 di Filipina. Pada musim gugur lalu, dilaporkan anggaran departemen kesehatan dikurangi hingga 10 miliar peso Filipina ($ 195,8 juta).

WHO Filipina mengatakan kepada Al Jazeera dalam sebuah email bahwa "kami telah mendukung pasokan ke Research Institute of Tropical Medicine," sebuah rumah sakit di Manila, "cukup untuk melakukan 3.000 tes dan akan mengirimkan 1.000 alat uji lagi yang dijadwalkan tiba Jumat 13 Maret."

Media lokal melaporkan pada hari Jumat bahwa beberapa pasien virus corona dan kasus yang dicurigai telah mencoba melarikan diri dari karantina wajib. Mereka melarikan diri dari rumah sakit dan mencoba untuk bepergian ke luar negeri.

Kepala Kepolisian Nasional Filipina Debold Sinas mengatakan pada hari Jumat bahwa pelanggar isolasi akan ditangkap. Namun, enjara yang sangat padat di negara itu nampaknya tidak siap menangani penyebaran virus corona.

Pasien "harus dipantau, bukan dengan tindakan yang menindas tetapi dengan mendorong partisipasi mereka dalam hak mereka atas kesehatan," kata San Pedro.

Keadaan yang kacau membuat Carino tidak yakin apa yang harus dilakukan. Dia hanya memiliki cukup uang untuk membawa anak-anaknya ke Mindoro, sebuah pulau di selatan Manila, selama sekitar tiga minggu, tetapi tidak jika isolasi itu berlangsung lebih lama. 

"Mungkin kita bisa selamat," katanya. "Setelah itu, aku tidak tahu caranya."

Para ahli telah memperingatkan bahwa orang Filipina yang melarikan diri dari Metro Manila ke pedesaan mungkin membawa virus ke daerah-daerah yang tidak dilengkapi alat untuk menguji dan merawat pasien positif.

Carino mengatakan dia masih mempertimbangkan untuk tinggal di San Roque dan menggunakan uang transportasi untuk makanan. Lebih dari segalanya, dia menginginkan bantuan dan jaminan dari pemerintah.

"Amankan orang-orang untuk kebutuhan dasar mereka," katanya, "jadi orang-orang tidak panik."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.