Sukses

Menlu Retno: WNI di Pusat Wabah Virus Corona Wuhan Dalam Keadaan Sehat

Misi penjemputan 250 WNI yang berada di pusat wabah Virus Corona Wuhan tengah berjalan. Pesawat sudah mengudara.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan misi penjemputan 250 WNI yang berada di pusat wabah Virus Corona Wuhan adalah misi yang mulia. Ia juga mengatakan, saat ini WNI yang berada di pusat Virus Corona Wuhan dalam kondisi baik.

"Dari semalam saya terus berkomunikasi, bahwa saudara-saudara kita dalam kondisi sehat dan akan pulang ke Tanah Air," ujar Menlu Retno dalam konferensi pers menjelang keberangkatan tim evakuasi ke pusat wabah Virus Corona Wuhan, di VIP Terminal 1, Bandara Internasional Soekarno Hatta, Sabtu (1/2/2020).

"Laporan dari tim yang sudah berada di sana, kami pastikan, saudara-saudara kita dalam keadaan sehat. Dan mereka amatlah senang akan kembali pulang ke Tanah Air," imbuh Retno.

Menlu Retno menuturkan, sebelum keberangkatan tim evakuasi ke pusat wabah Virus Corona, mereka juga melakukan pemeriksaan.

"Sekali lagi untuk memastikan bahwa mereka dalam kondisi sehat. Mengingat ini bukan situasi yang normal, maka penanganan protokol kesehatan akan terus diberlakukan," jelas Menlu Retno.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Duta Besar Indonesia untuk Belanda itu menegaskan bahwa diperlukan kedisiplinan dalam proses evakuasi tersebut. "Termasuk selama perjalanan, ketibaan dan pasca-ketibaan".

"Protokol kesehatan juga berlaku bagi kru pesawat dan pesawat itu sendiri," imbuhnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mohon Doa

Dalam kesempatan melepas tim penjemput tersebut, Menlu Retno juga memohon doa kepada seluruh rakyat Indonesia. Demi kelancaran proses evakuasi.

"Selamat jalan teman teman, kita semua bersama dengan teman teman," ucapnya.

"Saya sekaligus mohon doa seluruh rakyat Indonesia, baik untuk tim penjemput, warga negara kita dan untuk Indonesia kita. Semoga teman teman kembali dengan selamat dan sehat," kata Retno.

 

3 dari 3 halaman

WNI Bergerak ke Lokasi Evakuasi

Menlu Retno juga memaparkan bahwa pada Sabtu 1 Februari pagi para WNI di Wuhan sudah bergerak ke lokasi penjemputan oleh pemerintah RI. 

"Pagi tadi bahwa warga negara kita yang ada di beberapa titik di Provinsi Hubei bergerak menuju Wuhan. Dari Enzi, Guanxi, Xianning, Wuhan," ujar Menlu Retno.

Jumlah WNI yang akan kembali dengan tim penjemput adalah 245 orang dan 5 tim aju (advance) yang sudah ada di sana. Mereka semua akan ikut menajalankan protokol kesehatan.

"Jadi jumlah yang akan naik dari Wuhan 250 WNI," tuturnya lagi.

Dalam kesempatan tersebut, Menlu Retno juga memberikan semangat kepada para tim penjemput. 

"Tetap semagat, kita hasus sehat. insyaallah kita akan terus diberkahi kesehatan," tukasnya. 

 

Reporter: Pramita Tristiawati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.