Sukses

24-1-1908: Gerakan Organisasi Kepanduan Pramuka Pertama Kali Dimulai

Liputan6.com, Jakarta - Pada 24 Januari 1908, gerakan Boy Scouts (organisasi kepanduan semacam Pramuka), dimulai di Inggris dengan penerbitan buku Scouting for Boys pertama kalinya karya Robert Baden-Powell.

Nama Baden-Powell dikenal oleh banyak anak laki-laki Inggris, di mana ribuan dari mereka dengan bersemangat membeli buku pegangan itu. Pada akhir April, serialisasi Scouting for Boys telah selesai, dan sejumlah pasukan Pramuka dadakan telah bermunculan di seluruh kawasan Inggris.

Pada tahun 1900, Baden-Powell menjadi pahlawan nasional di Inggris untuk pertahanan 217 hari di Mafeking dalam Perang Afrika Selatan. Segera setelah itu, Aids to Scouting, manual bidang militer yang telah ditulisnya untuk tentara Inggris pada tahun 1899, menarik perhatian audiens yang lebih muda. Demikian seperti dikutip dari history.com, Kamis (23/1/2020).

Anak laki-laki menyukai pelajaran tentang pelacakan dan observasi serta mengorganisir permainan rumit menggunakan buku tulisannya. Mendengar ini, Baden-Powell memutuskan untuk menulis manual lapangan non-militer untuk remaja yang juga akan menekankan pentingnya moralitas dan perbuatan baik.

Pada 25 Juli 1907, ia membawa kelompok beranggotakan 21 remaja ke Pulau Brownsea di Dorsetshire di mana mereka berencana mendirikan kemah selama dua minggu.

Dengan bantuan instruktur lain, ia mengajar anak-anak itu tentang berkemah, observasi, deduksi, kerajinan kayu, berperahu, menyelamatkan jiwa, patriotisme, dan kesatria. Banyak dari pelajaran ini dipelajari melalui permainan inventif yang sangat populer di kalangan anak laki-laki. Pertemuan Boy Scouts pertama berhasil meraih kesuksesan besar.

Dengan keberhasilan Scouting for Boys, Baden-Powell mendirikan kantor Boy Scouts pusat, yang terdaftar sebagai gerakan Pramuka baru dan kemudian merancang desain seragam. Pada akhir 1908, ada 60.000 anggota Pramuka, dan pasukannya pun mulai bermunculan di negara-negara Persemakmuran Inggris di seluruh dunia.

2 dari 3 halaman

Pramuka Perempuan

Pada bulan September 1909, pertemuan Pramuka nasional pertama diadakan di Crystal Palace di London. Sepuluh ribu anggota Pramuka muncul, termasuk sekelompok gadis berseragam yang menyebut diri mereka Pramuka.

Pada tahun 1910, Baden-Powell mengorganisasi Girl Guides sebagai organisasi terpisah.

Pada tahun 1916, Baden-Powell mengorganisasi Wolf Cubs, yang dikenal sebagai Cub Scouts di Amerika Serikat, untuk anak laki-laki di bawah usia 11 tahun. Empat tahun kemudian, Jambore Pramuka internasional pertama diadakan di London, dan Baden-Powell diakui sebagai Kepala Kepanduan dunia. Baden-Powell meninggal pada tahun 1941.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
25-2-1984: Ledakan Pipa Gas di Brazil Tewaskan 508 Orang
Artikel Selanjutnya
24-2-1868: Andrew Johnson Jadi Presiden Pertama AS yang Dimakzulkan DPR