Sukses

Infeksi Darah, Prajurit Thailand Pengevakuasi 13 Orang Terjebak di Gua Meninggal

Salah satu anggota Navy SEAL Thailand yang ambil bagian dalam penyelamatan 13 orang terjebak di gua terlarang dilaporkan meninggal akibat infeksi darah.

Liputan6.com, Jakarta Anggota Navy SEAL Thailand yang ambil bagian dalam penyelamatan 13 orang terjebak di gua dilaporkan meninggal dunia. Ia dikabarkan mengalami infeksi selama setahun.

"Seorang anggota Navy SEAL Thailand yang ikut serta dalam penyelamatan dramatis 12 anak laki-laki dan pelatih sepak bola mereka dari sebuah gua banjir di utara negara itu tahun lalu meninggal, karena infeksi darah yang dialaminya selama operasi," kata Royal Thai Navy atau Angkatan Laut Kerajaan Thailand Jumat 27 Desember 2019.

"Petty Officer (PO) Beiret Bureerak telah menerima perawatan tetapi kondisinya memburuk," kata Angkatan Laut Thailand dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (28/12/2019). 

Setelah tragedi di gua terlarang Thailand selama 18 hari berakhir pada Juni lalu - dengan seluruh tim muncul dengan selamat dari Gua Tham Luang - Beiret Bureerak rupanya berada di bawah pengawasan ketat oleh dokter akibat penyakitnya selama setahun.

"Tetapi kondisinya memburuk dan dia meninggal karena infeksi darah," jelas pihak Angkatan Laut seraya mengungkapkan "kesedihan mendalam" kepada keluarganya.

Seorang pejabat di provinsi asal Beiret Bureerak, Satun di Beirut mengatakan kepada AFP bahwa anggota Navy SEAL segera dimakamkan pada hari Jumat tak lama dinyatakan meninggal. Ia menjalani prosesi pemakaman secara Islam.

 Saman Gunan (Sumber: Reuters)

Sebelumnya, anggota penyelamat lain, yang juga mantan penyelam Angkatan Laut Thailand, Saman Gunan, juga tewas. Ia mengembuskan napas terakhir dalam misi penyelamatan karena kehabisan oksigen saat berusaha membangun saluran udara untuk anak-anak dan pelatih mereka.

Sebuah patung penyelam pahlawan telah didirikan di dekat pintu masuk gua.

Sejak 12 anak muda dan pelatihnya berhasil dievakuasi, lokasi tersebut kemudian menarik perhatian lebih dari 1,3 juta wisatawan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sekilas Soal Tragedi 13 Orang Terjebak di Gua Thailand

Pelatih Wild Boars Academy Ekapol Chanthawong dan 12 anak laki-laki yang merupakan muridnya, pergi menjelajahi gua-gua Tham Luang di Provinsi Chiang Rai pada 23 Juni 2018. Tiba-tiba hujan lebat dan airnya membanjiri gua lalu menjebak mereka di bawah tanah.

Mereka bertahan selama sembilan hari dengan air yang menetes dari bebatuan.

Misi penyelamatan - yang mencakup penyelam ahli asing dan Angkatan Laut Thailand - menarik perhatian global yang luar biasa ke distrik pegunungan Mae Sai.

Tim Wild Boars kemudian menjadi selebritas global dan sejak itu melakukan tur keliling dunia. Mereka bertemu bintang raksasa sepak bola di Manchester United dan LA Galaxy, serta menjadi bintang tamu di acara talk show Ellen Degeneres di AS.

Manchester United menjamu 12 bocah Thailand yang sempat terjebak dalam gua (Twitter)

3 dari 3 halaman

Kisahnya Diangkat ke Layar Lebar

Penyelamatan ini juga telah menarik para pembuat film yang ingin mengabadikan detik-detik operasi dramatis penyelamatan di layar kaca -- dengan Netflix yang memiliki hak eksklusif untuk menayangkan kisah tersebut.

Film lain, The Cave dibuat oleh pembuat film Irlandia-Thailand Tom Waller.

Film itu dibuat untuk layar perak di Thailand bulan lalu. Isinya lebih berfokus pada upaya penyelamatan dan bahkan dibintangi salah satu penyelam asing yang ikut dalam proses evakuasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.