Sukses

Top 3: Lokasi Titik Terdalam Bumi Hingga Mesut Ozil Bela Muslim Uighur di Xinjiang Jadi Sorotan

Isu titik terdalam Bumi hingga keanehan perlakuan terhadap Uighur di Xinjiang versi Muhammadiyah mencuri perhatian khalayak. Simak dalam Top 3 Global Liputan6.com berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Titik terdalam di Bumi kontinental telah diidentifikasi. Lokasinya berada di Antartika Timur, di bawah Denman Glacier. Penemuan ini diilustrasikan dalam peta baru Benua Putih yang menggambarkan bentuk batuan dasar di bawah lapisan es dengan detail yang belum pernah terjadi sebelumnya. Berita ini menjadi yang terpopuler dari Top 3 kanal Global Liputan6.com edisi Selasa, 17 Desember 2019.

Berita menarik lainnya mengenai keanehan di Xinjiang yang ditemukan rombongan Ketua Biro Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional PP Muhammadiyah, KH Muhyiddin Junaidi, saat ikut pemerintah China untuk mengecek kondisi Xinjiang pada Februari lalu. Ia pun menyebut melihat ada sejumlah keanehan yang terjadi di daerah tersebut, mulai dari hotel hingga kamp.

Berita yang tak kalah menarik lainnya mengenai media pemerintah China yang tidak terima atas ucapan pemain Arsenal FC Mesut Ozil tentang penindasan etnis Uighur. Ancaman halus pun dilontarkan media China bahkan ucapan Ozil bisa berakibat serius bagi Arsenal.

Simak ketiga artikel paling populer di kanal Global Liputan6.com edisi Selasa, 17 Desember 2019:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Terkuak, Ini Lokasi Titik Terdalam Bumi

Titik terdalam di Bumi kontinental telah diidentifikasi. Lokasinya berada di Antartika Timur, di bawah Denman Glacier.

Dikutip dari BBC, Senin (16/12/2019), ngarai yang penuh es ini mencapai 3,5 km (11.500 kaki) di bawah permukaan laut. Hanya di lautan saja lembah masih lebih dalam.

Penemuan ini diilustrasikan dalam peta baru Benua Putih yang menggambarkan bentuk batuan dasar di bawah lapisan es dengan detail yang belum pernah terjadi sebelumnya. Fitur-fiturnya akan sangat penting bagi pemahaman kita tentang bagaimana kutub selatan mungkin akan berubah di masa depan.

Baca selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. 5 Hal Aneh di Xinjiang Versi Muhammadiyah

Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah akhirnya angkat suara terkait artikel Wall Street Journal (WSJ) yang menyebut pihak mereka bungkam soal derita Uighur. WSJ menuding ada perubahan sikap ormas Islam Indonesia setelah diajak jalan-jalan pemerintah China ke Xinjiang.

Muhammadiyah pun membantah bahwa sikap mereka berubah. Pihak mereka pun menepis implikasi bahwa mereka mendapat uang dari pemerintah China. Uang akomodasi kopi pun dianggap lebih kecil ketimbang uang yang Muhammadiyah habiskan di Xinjiang.

Baca selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Mesut Ozil Bela Uighur, Media China Ancam Arsenal FC

Media pemerintah China tidak terima atas ucapan pemain Arsenal FC Mesut Ozil tentang penindasan etnis Uighur. Ancaman halus pun dilontarkan media China bahkan ucapan Ozil bisa berakibat serius bagi Arsenal.

Akar masalah berasal dari akun Twitter Mesut Ozil. Pemain berdarah Turki itu menuliskan pesannya dengan latar bendera kelompok separatis Uighur, yakni bendera Turkistan Timur.

"Langkah Ozil telah menghancurkan citranya di kalangan fans di China dan akan mengakibatkan implikasi seirus bagi Arsenal," tulis koran China, Global Times seperti dikutip AFP, Senin (16/12/2019).

Baca selengkapnya...

 

 

Reporter: Jihan Fairuzzia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.