Sukses

Pengsoo, Penguin Raksasa Kurang Ajar Idola Baru di Korea Selatan

Liputan6.com, Korea - Korea Selatan memiliki idola baru. Dia boneka penguin raksasa tanpa gender dengan suara kasar, sikap kurang ajar, dan haus akan ketenaran.

Namanya Pengsoo, oleh sebagian besar ukuran maskot normal, Pengsoo tidak lucu. Hal ini memberitahu orang-orang untuk tidak menghiburnya.

Dilansir BBC, Jumat (13/12/2019). Pengsoo sering mengenakan kacamata hitam dan suaranya terdengar seperti seorang pria paruh baya meski ia berusia 10 tahun.

Namun penguin raksasa tanpa ekspresi ini, yang awalnya ditujukan untuk anak-anak, kini telah memperoleh penggemar yang besar di antara banyaknya generasi milenial yang menemukan cara menyegarkan kepribadian.

Penguin raksasa berukuran 2,1m itu bahkan dinamai Korea Selatan sebagai "Person of the Year" – meski Pengsoo jelas bukan karakter manusia.

Pengsoo bahkan mengalahkan pesaing seperti fenomena idol K-pop, BTS.

2 dari 4 halaman

Menjadi Bintang

Pencipta Pengsoo, Education Broadcasting System (EBS), mengatakan penguin berusia 10 tahun ini berasal dari Antartika, namun dibuat jalannya ke Korea Selatan untuk menjadi seorang bintang.

Tujuannya, kata mereka, adalah untuk meniru Pororo, karakter google lucu yang dicintai anak-anak di seluruh negara. Pororo juga ingin menjadi lebih populer daripada BTS.

Pengsoo bukan laki-laki atau perempuan. Produser EBS Lee Seulyena mengatakan bahwa karakter itu diciptakan untuk menjadi seseorang yang ‘disukai seluruh keluarga’, yang menargetkan anak-anak sekitar usia 10 tahun.

“Saya ingin membuat karakter tiga dimensi,” katanya. “Karakter imut dan menyenangkan adalah apa yang orang dewasa harapkan dari karakter anak-anak. Bahkan, anak-anak juga memiliki keinginan untuk mengekspresikan diri mereka secara jujur.”

Penguin raksasa ini mampu menjadi pukulan bagi orang muda dewasa berusia 20 sampai 30-an.

Saluran YouTube EBS yang menampilkan Pengsoo, Giant Peng TV, memiliki lebih dari 1,2 juta pengikut.

Pengsoo juga berhasil menjadi seorang tamu populer di acara bincang-bincang dan beberapa program TV. Dia bahkan bertemu dengan menteri luar negeri Korea Selatan, Kang Kyung-wha.

3 dari 4 halaman

Daya Tarik Pengsoo

Perusahaan di belakang Pengsoo mengatakan daya tariknya terletak pada kemampuannya untuk ‘tidak terikat dengan hierarki atau pangkat’ tetapi masih memegang bentuk ‘kepolosan seperti anak kecil".

Dalam beberapa video, ini mengacu pada kepala EBS Kim Myung-joong. Pengsoo sering bercanda menyalahkan Kim ketika ada masalah, seperti seseorang menyalahkan bos mereka untuk semua masalah yang ada.

“Pengsoo memperlakukan semua orang dengan adil, apakah mitranya adalah anggota parlemen, presiden perusahaan, atau selebritas terkenal. Ini benar-benar mempesona,” kata seorang insinyur dan penggemar Pengsoo yang berusia 31 tahun, demikian dikutip dari Yonhap News.

"Pengsoo berbicara tentang apa yang dipikirkan oleh pekerja kantor berusia 20 dan tiga 30-an (namun tidak bisa mengatakannya)," kata analis Ha In-Whan dari Meritz Securities Co yang berbasis di Seoul.

Pengsoo juga menyombongkan diri bahwa ia adalah ‘superstar’ – sesuatu yang bertentangan dengan masyarakat Korea Selatan, di mana orang-orang diajar secara lahiriah sederhana dan rendah hati.

Menurut Ha In-Whan, Pengsoo akhirnya bisa bernilai lebih dari Pororo karena karakternya lebih populer di antara mereka yang berusia 20-an dan 30-an – mereka yang memiliki daya beli lebih besar.

Institut Korea untuk Ekonomi dan Perdagangan Industri juga mengatakan ada potensi Pengsoo akan mendunia, menurut sebuah laporan oleh Diplomat.

Jadi jangan heran jika Anda segera melihat seekor penguin raksasa muncul di sekitar Anda, itu Pengsoo.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tempat Berhantu di Korea Selatan, Berani Berkunjung?
Artikel Selanjutnya
Berkat BTS, Kursus Bahasa Korea Semakin Bertambah di Seluruh Dunia