Sukses

Jatuh ke Sungai Es, Pria di Iowa Selamat Berkat Bantuan Siri

Liputan6.com, Iowa - "Siri, telepon 911."

Itulah satu-satunya cara yang dilakukan Gael Salcedo (18), di Charles City, Iowa setelah mobilnya jatuh ke sungai es yang airnya mulai membeku.

Siri merupakan layanan asisten virtual milik Apple yang terdapat pada perangkat iOS.

Menurut afiliasi CNN KIMT, Jeep milik Salcedo menabrak lapisan es di jalan pada saat ia sedang dalam perjalanan menuju perguruan tinggi di area Iowa Utara. 

Salcedo kehilangan kendali atas mobilnya. Ia berbelok ke kanan, lalu dari saat itu semuanya menjadi buram dan mobilnya jatuh ke Sungai Winnebago. Demikian mengutip dari CNN, Kamis, 12 Desember 2019.

2 dari 3 halaman

Sempat Berpikir Akan Mati

"Saya tidak tahu ke mana saya akan pergi dan kemudian saya tidak tahu apa yang harus dilakukan. Saya hanya berpikir di kepala saya bahwa saya akan mati,'" katanya kepada KIMT.

Salcedo segera menurunkan kaca jendela karena khawatir mobilnya akan tenggelam. Es dan air di sekitarnya berada di bawah suhu beku, menurut KIMT.

Dia tidak dapat menemukan teleponnya sehingga dia mencari cara lain dengan menggunakan Siri.

Dia berkata, "Saya kehilangan telepon saya dan karena saya tidak dapat menemukannya, saya seperti 'Hei Siri, telepon 911.' Dan begitu Siri menelepon, saat itulah akhirnya ponsel saya ditemukan. "

3 dari 3 halaman

Selamat dan Dibawa ke Rumah Sakit

Walaupun petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Mason tiba di tempat kejadian dengan cepat, arus sungai sudah melumpuhkan pintu bagian samping pengemudi.

"Tidak ada pilihan lain, Salcedo harus pergi," kata Letnan Craig Warner dari Departemen Pemadam Kebakaran Kota Mason.

"Tangan saya kedinginan. Saya tidak bisa merasakan kaki lagi, jadi saya banyak berjuang dan airnya sangat kuat," kata Salcedo kepada KIMT. "Aku terus tersandung, dan aku meminta pria itu membantuku beberapa kali. Bahkan aku menggunakan semua kekuatanku untuk keluar dari air."

Dengan bantuan Warner, Salcedo berhasil keluar dari sungai dan masuk ke ambulan. Salcedo dilarikan ke rumah sakit dan dirawat karena mengalami syok. Hanya setelah beberapa jam kemudian, dia langsung dibebaskan dari rumah sakit.

 

 

Reporter: Jihan Fairuzzia

Loading