Sukses

10 tahun Kerja Sama, RI-AS Sepakat Perluas Program US Peace Corps di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Program US Peace Corps di Indonesia sudah memasuki usia 10 tahun. Dalam rangka memperingati hubungan baik tersebut, RI berharap perluasan ke bidang lainnya.

"Sudah saatnya program US Peace Corps di Indonesia diperluas ke bidang lain yang menjadi prioritas Pemerintah RI, khususnya dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia," demikian disampaikan Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) RI, Mahendra Siregar, saat menerima kunjungan Direktur US Peace Corps, Jody Olsen, dan rombongan di Kementerian Luar Negeri pada 4 Desember, seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Jumat (6/12/2019).

Ditambahkan oleh Wamenlu bahwa momentum peringatan 10 tahun pengaktifan kembali program US Peace Corps (PC) di Indonesia, yang jatuh pada tahun ini, kiranya dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Direktur Jody Olsen menyambut positif pernyataan Wamenlu RI dan sepakat akan bekerja sama dengan Pemerintah RI, untuk merealisasikan gagasan tersebut. Kunjungan kerja ke Indonesia diharapkan menjadi langkah awal untuk menjajaki lebih lanjut kebutuhan Indonesia di sektor-sektor yang dinilai strategis untuk dikembangkan.

Pengembangan kerja sama akan diarahkan pada penguatan kapasitas sumber daya manusia, sesuai dengan prioritas Presiden RI dalam jangka 5 tahun ke depan. ​

2 dari 2 halaman

Didukung Lintas Kementerian

Working Group PC, yang beranggotakan lintas kementerian dan perwakilan provinsi terkait, mendukung penuh upaya pengembangan PC tersebut. Beberapa sektor baru yang sedang diidentifikasi dan dalam proses pembahasan, antara lain yaitu bidang peningkatan kapasitas UMKM, ekonomi kreatif, pertanian, maritim dan penguatan keterampilan bagi SDM Indonesia.

PC merupakan badan independen Pemerintah AS yang menugaskan relawan ke negara-negara yang bermitra, guna mempromosikan persahabatan dan people-to-people contact dengan membantu masyarakat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris serta meningkatkan pemahaman atas budaya masing-masing.

Program Peace Corps di Indonesia dimulai pada 1963 namun sempat terhenti pada 1965, dan kemudian diaktifkan kembali pada 2009. Saat ini PC telah memiliki sekitar 512 alumni yang pernah bertugas di Indonesia.

Kerja sama PC di Indonesia fokus pada bidang pengajaran bahasa Inggris di Sekolah dan Madrasah setingkat SMP/MTsn dan SMA/MA. ​

Direktur PC Jody Olsen melakukan kunjungan kerja ke Indonesia pada 1-7 Desember 2019.

Selama di Indonesia, Direktur Olsen antara lain menghadiri acara wisuda relawan PC Batch 10 di Kediri, Jawa Timur; bertemu dengan sejumlah pemangku kepentingan nasional, termasuk pejabat pemerintah terkait; serta memantau langsung implementasi program PC yang saat ini dilaksanakan di 3 (tiga) provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur.

Loading
Artikel Selanjutnya
Otoritas Keamanan Meksiko Tahan 800 Migran Amerika Tengah
Artikel Selanjutnya
Demokrat Tuduh Donald Trump Terlibat Skema Korupsi Pemilu 2020