Sukses

Fakta-Fakta Kristi Reci, Calon Menantu PM Albania Korban Tewas Akibat Gempa

Liputan6.com, Albania - Gempa dengan magnitudo 6,4 melanda kota pelabuhan Durres, sekitar 36 kilometer (22 mil) dari ibu kota Tirana, Albania, pada Selasa, 26 November 2019. Lindu yang menewaskan 41 orang itu merupakan gempa terkuat yang melanda negara Eropa tersebut dalam 40 tahun terakhir.

Salah satu korban jiwa akibat gempa itu adalah Kristi Reçi, calon menantu Perdana Menteri Albania Edi Rama. Kristi merupakan tunangan putra sang PM, Gregor Rama. Dia meninggal dunia dalam gempa itu bersama dengan kedua orangtua dan kakaknya.

Ratusan orang juga terluka dalam insiden itu dan beberapa masih hilang, dengan operasi pemulihan sedang berlangsung. Wilayah itu masih mengalami gempa susulan pada Kamis pagi, dengan gempa berkekuatan 5,0 dan 4,8 tercatat, menurut juru bicara Kementerian Pertahanan Albania, Albana Agastra.

Seperti apa sosok Kristi Reçi? Berikut ini fakta-fakta yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (29/11/2019):

 

2 dari 5 halaman

Mahasiswi Dermatologi

Kristi Reçi adalah seorang mahasiswi di Universitas Kedokteran di Tirana yang tengah mengejar gelar dermatologis.

Rektor institut itu, Arben Gjata, membenarkan bahwa gempa bumi pada 26 November memotong impian seorang calon dokter dari Durres.

"Di antara para korban gempa adalah murid kami, almarhum Kristi Reçi. Baginya dan semua korban hari yang mengerikan ini; semoga halaman rumput selalu hijau, istirahat dalam damai dan belasungkawa untuk keluarga!" tulis Gjata di laman Facebook-nya.

 

3 dari 5 halaman

Sekeluarga Jadi Korban

Ayah Kristi Reçi, Eduart, adalah seorang paman dari penyanyi dan moderator populer Evi Reçi. Kristi Reçi bersama ayah dan ibunya, juga saudara lelakinya, dilaporkan meninggal dunia dalam gempa di Albania.

Reçi adalah salah satu korban yang ditemukan dari puing-puing bangunan, bersama dengan ayahnya, sementara masih mencari ibu dan saudara laki-lakinya.

 

4 dari 5 halaman

Postingan Sang Tunangan

Kristi Reçi adalah tunangan Gregor Rama, putra Perdana Menteri Albania Edi Rama.

Gregor Rama sebelumnya mengunggah sebuah cerita di Instagram dengan menulis, "Di antara banyak korban tragedi ini juga orang terdekat saya, bersama dengan saudara lelakinya, ibu dan ayah." Ia menambahkan, keluarga itu "ditemukan di bawah reruntuhan."

Berita kepergian Kritis Reçi mengejutkan teman-teman dan kerabatnya. "Sayangnya, di antara para korban adalah dokter kulit masa depan Kristi Reçi," demikian tulisan dedikasi dari Ordo Dokter Albania.

Dokter Monika Fida, seorang teman dekat Kritis menulis, "Anda menghancurkan jiwa saya, Kristi Reci! Mimpi terputus di tengah ... Dokter kulit masa depan ... RIP."

 

 

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Gempa Hari Ini Goyang Maluku dan Kolaka Sulteng
Artikel Selanjutnya
BMKG: 2 Gempa Hari Ini Kembali Getarkan Maluku