Sukses

Fakta Menguak Jumlah Anggota Militer Aktif di AS Mati Bunuh Diri Melonjak

Jumlah anggota dinas militer aktif di AS yang melakukan bunuh diri melonjak secara signifikan dalam lima tahun terakhir.

Liputan6.com, Amerika Serikat - Jumlah anggota dinas militer aktif di Amerika Serikat (AS) yang melakukan bunuh diri melonjak secara signifikan dalam lima tahun terakhir. Temuan ini terungkap dalam laporan Pentagon.

Laporan tersebut muncul setelah tiga pelaut AS yang ditugaskan di kapal induk George HW Bush tewas akibat bunuh diri pekan lalu. Insiden ini menurut Angkatan Laut AS terpisah dan tidak ada sangkut pautnya.

Laporan bunuh diri tahunan pertama Pentagon menyebutkan kematian akibat bunuh diri di kalangan anggota dinas aktif yakni 24,8 per 100.000 anggota dinas, naik dari hanya di bawah 20 per 100.000 anggota aktif pada 2013.

Sepanjang 2018, 541 anggota dinas mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Mayoritas mereka bunuh diri dengan senjata api.

"Kami menuju arah yang salah," kata Elizabeth Van Winkle, direktur kantor Force Resiliency, seperti dikutip dari The Washington Post, Jumat (27/9/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Epidemik

Menteri Pertahanan AS, Mark Esper mengatakan, militer terjebak dalam "apa yang beberapa orang sebut epidemik bunuh diri nasional di kalangan pemuda kami."

"Saya harap saya dapat mengatakan kepada kalian kami memilik sebuah jawaban untuk mencegah lebih lanjut, bunuh diri di Angkatan Bersenjata," kata Esper.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.