Sukses

Top 3: Respons Dubes Timor Leste Soal Video Viral Xanana Gusmao - BJ Habibie Jadi Sorotan

Liputan6.com, Jakarta - Tanggapan Duta Besar Alberto XP Carlos atas video viral di media sosial yang menampilkan BJ Habibie dan Xanana Gusmao jadi sorotan di kanal Global Liputan6.com. Sepertinya banyak orang penasaran di balik rekaman hangatnya persahabatan antara BJ Habibie dengan mantan Perdana Menteri Timor Timur sekaligus mantan Presiden Timor Leste itu.

Dalam video tersebut, yang dikabarkan pertama kali diunggah oleh akun Facebook Alberto XP Carlos, BJ Habibie tampak terbaring di tempat tidur kamar rumah sakit dan dijenguk oleh Xanana Gusmao. Tak hanya berbincang, terlihat Xanana Gusmao memeluk tubuh BJ Habibie dan mengecup keningnya.

Selain itu, kabar asteroid sebesar Burj Khalifa yang mendekati Bumi pekan ini juga tak kalah mencuri perhatian. Para pembaca kemungkinan ingin tahu seluk-beluk benda angkasa tersebut.

Berita yang juga jadi sorotan adalah kemunculan Harvest Moon.

Berikut selengkapnya dalam Top 3 Global edisi Sabtu (14/9/2019):

2 dari 4 halaman

1. Kata Dubes Timor Leste Soal Video Viral Xanana Gusmao Cium Kening BJ Habibie

Mengetahui video tersebut viral, Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia Alberto XP Carlos angkat bicara. 

Dubes Carlos mengatakan, sejatinya ada beberapa hal ringan yang dibicarakan dalam pertemuan Xanana Gusmao dan BJ Habibie saat itu.

Habibie dan Xanana, kata Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto, memiliki hubungan yang sangat dekat. Di mana keika BJ Habibie menjadi presiden dia memerintahkan agar semua tahanan politik dibebaskan. Xanana satu di antaranya.

Kedekatan itu, kata Rubijanto, masih terjalin hingga akhir hayat Habibie.

Selengkapnya baca di sini...

3 dari 4 halaman

2. Asteroid Sebesar Burj Khalifa Dekati Bumi

Sebuah asteroid yang diprediksi memiliki panjang seperti salah satu bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa, diperkirakan sedang membuat 'pendekatan' dengan Bumi pada pekan ini.

Asteroid itu, yang disebut 2000 QW7, diperkirakan punya lebar sekitar 290 hingga 650 meter, yang dikatakan nyaris sama besar dengan gedung pencakar langit terkenal yang jadi ikon Dubai.

Menurut Centre for Near Earth Object Studies NASA, batu ruang angkasa itu akan melewati planet kita pada 14 September.

Selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

3. Harvest Moon yang Muncul Malam Sabtu

Musim gugur adalah waktu yang sangat spesial bagi para pengamat langit. Rasi bintang ikonik seperti Perseus, akan muncul setiap sore hari, seperti halnya Pleiades yang berkilau, seperti halnya Summer Triangle yang secara bertahap tenggelam di langit barat.

Namun, salah satu pemandangan utama dari langit malam yang indah pada awal musim gugur 2019 adalah Harvest Moon, yang terjadi pada Jumat dan Sabtu pekan ini -- tergantung tempat tinggal Anda sekarang.

Baca sambungan artikelnya di sini...

Loading