Sukses

BJ Habibie Meninggal Dunia, Bendera Setengah Tiang Berkibar di Sejumlah Kedubes

BJ Habibie meninggal dunia dalam usia 83 tahun pada Rabu 11 September di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-3 RI BJ Habibie telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Kamis (12/9/2019). Habibie meninggal dunia dalam usia 83 tahun pada Rabu 11 September di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Pemerintah Indonesia menetapkan tiga hari sejak kepergian BJ Habibie sebagai hari berkabung nasional.

Sejumlah kedutaan besar (Kedubes) negara asing untuk Indonesia turut mengibarkan bendera setengah tiang sebagai tanda berkabung atas kepergian BJ Habibie.

Bendera setengah tiang tampak terpasang di Kedutaan Besar Prancis, di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis siang. Bendera triwarna biru, putih, merah milik negara Prancis dikibarkan setengah tiang berdampingan dengan bendera biru dengan simbol bintang yang melingkar milik Uni Eropa.

"Untuk melepas kepergian Presiden ke-3 RI, B.J. Habibie, #KedubesPrancis mengibarkan bendera setengah tiang selama 3 hari berkabung nasional yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia," tulis akun resmi Kedubes Prancis dalam cuitan di Twitter.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jerman dan Jepang

Selain Kedubes Prancis, Kedubes Jerman dan Kedubes Jepang juga mengibarkan bendera setengah tiang sebagai bentuk penghormatan untuk Habibie.

Di Kedubes Jerman yang berlokasi di sekitar Bundaran Hotel Indonesia, bendera negara dipasang setengah tiang berdampingan dengan bendera Uni Eropa.

"Ya, kami memasang bendera setengah tiang mulai tadi pagi sampai tiga hari ke depan," kata petugas keamanan di Kedubes Jerman yang berjaga, seperti dilansir Antara.

Masih di bilangan MH Thamrin, tampak di Kedubes Jepang terpasang bendera Hinomaru dikibarkan setengah tiang yang terlihat jelas dari luar lingkungan gedung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.