Sukses

Alfatihah dan Hening Cipta untuk BJ Habibie di Perayaan Kemerdekaan Malaysia ke-62

Pada pidato pembuka Hari Kemerdekaan Malaysia ke-62, Duta Besar Zainal Abidin mengirimkan doa atas meninggalnya BJ Habibie.

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Malaysia di Jakarta menggelar perayaan hari jadi negara ke-62 di Jakarta. Bertempat di kantor perwakilannya yang terletak di pusat ibu kota.

Kabar duka menyelimuti peringatan tersebut, karena tak diduga terjadi bersamaan dengan momen meninggalnya BJ Habibie, Presiden ke-3 Republik Indonesia.

Lantunan surat Alfatihah dan hening cipta teruntuk mendiang BJ Habibie, kemdian menjadi salah satu pembuka di acara peringatan Hari Kemerdekaan Malaysia kali ini.

"Sebelum memulai acara, marilah kita semua sama-sama sedekahkan surat Alfatihah untuk mendiang almarhum Pak BJ Habibie yang baru saja meninggalkan kita. Marilah kita mendoakan ketenangan bagi beliau," tutur Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Zainal Abidin Bakar, dalam pidato pembuka acara Hari Kemerdekaan Malaysia ke-62 di Kedutaan Negeri Jiran di Jakarta, Rabu (11/9/2019).

BJ Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Rabu 11 September 2019. Kabar tersebut disampaikan anak keduanya, Thareq Habibie. 

Ketua Tim Dokter Kepresidenan (TDK) Prof dr Azis Rani dalam keterangan resminya menyebut bahwa Habibie masuk RSPAD sejak 1 September 2019. Ia ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

Sebelumnya, BJ Habibie sempat dirawat di Jerman setelah mengalami kebocoran klep jantung.  

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BJ Habibie Mempererat Hubungan Malaysia-RI

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Zainal Abidin juga mengatakan bahwa BJ Habibie memiliki peran besar untuk Malaysia.

"Kita juga menyampaikan salam takziah atas kematian mantan presiden Indonesia pada taklim ini. Beliau merupakan pemimpin Indonesia yang banyak membantu mempereratkan hubungan Malaysia-Indonesia," ujarnya usai acara peringatan Hari Kemerdekaan Malaysia ke-62.

Ucapan belasungkawa teruntuk masyarakat Indonesia juga tak lupa ia sampaikan.

"Kita dari pihak kerajaaan Malaysia menyampaikan salam takziah kepada keluarga arwah dan juga kerajaan Indonesia dan rakyat Indonesia seluruhnya," jelas dia dalam bahasa Melayu.

3 dari 3 halaman

Ungkapan Duka di Twitter

Sebelumnya, pihak kedutaan Malaysia juga telah berbelasungkawa melalui sebuah postingan di akun Twitter resminya.

"(Kedutaan) menyampaikan rasa duka cita yang sedalam-dalamnya atas kepergian mantan Presiden RI, Bapak BJ Habibie yang kita semua hormati dan sanjungi," demikian seperti dikutip dari akun Twitter resmi Kedutaan Malaysia di Jakarta hari Rabu.

"Semoga roh beliau dirahmati Allah SWT. Al-Fatihah," lanjut kedutaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.