Sukses

Siapa Sangka, 5 Makanan Ini Bisa Memicu Kantong Mata

Liputan6.com, Jakarta - Kesehatan adalah hal yang perlu dijaga untuk keberlangsungan hidup. Kebanyakan orang masih abai atas kesehatannya dengan tidak mengindahkan hidup yang bugar.

Pola istirahat yang cukup dan baik serta gaya hidup yang sehat dapat membuat tubuh bertahan dari berbagai macam ancaman penyakit. Produktivitas kerja pun juga terpengaruh dari seberapa sehat diri kita, terlepas dari lingkungan sekitar memengaruhi kondisi fisik dan pikiran, seperti dilansir dari dmagazine.com, Sabtu (24/8/2019).

Pola makan serta konsumsi makanan pun juga menjadi perhatian. Makanan yang dikonsumsi dapat memengaruhi berbagai hal yang terdapat dalam tubuh manusia, mulai dari produksi gula/glukosa, produksi gas, hingga produksi bau yang dihasilkan tubuh. Penampilan fisik juga tak lepas dari peran serta konsumsi makanan sehari-hari. 

Masih ada orang yang bertanya-tanya meskipun sudah menjalani hidup sehat dengan tidur yang cukup, namun masih timbul kantung mata di wajahnya seperti dilansir brightside.me. 

Terlepas dari itu semua, berikut adalah beberapa makanan yang dapat menyebabkan munculnya kantung mata di wajah seperti dipetik dari beberapa sumber yang disajikan.

 

Reporter: Hugo Dimas

2 dari 6 halaman

1. Sayur tomat karena kandungan solaine yang menyebabkan pembengkakan hingga timbulnya kantung di bawah mata

3 dari 6 halaman

2. Roti gandum dapat menyebabkan terjadinya bengkak jika dikaitkan pada kasus seseorang yang tidak memiliki ketahanan pada produk dengan kandungan gluten.

4 dari 6 halaman

3. Es krim dan produk-produk susu hewani dapat menyebabkan kembung pada seseorang yang tidak dapat mentolerir laktosa, hingga berdampak pada metabolisme tubuh.

5 dari 6 halaman

4. Gula, hal manis yang tidak semanis efeknya. Gula adalah penyebab utama terjadinya pembengkakan, tak hanya di bagian mata, namun juga di seluruh bagian tubuh manusia yang memiliki tingkat toleransi gula yang berbeda-beda.

6 dari 6 halaman

5. Cabai yang termasuk ke dalam famili nightshade. Seperti tomat yang mengandung solanin, cabai juga mengandung senyawa capsaicin yang menyebabkan jaringan terbakar dan peradangan di sekitar mata.

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Cara Tak Biasa Orang Saat Makan, Bikin Lapar Hilang Seketika
Artikel Selanjutnya
Pangan Rumah Tangga Jadi Penyebab Keracunan Tertinggi, Kemenkes Sosialisasikan GERMAS PAS