Sukses

Meriahnya HUT ke-74 RI di KBRI Hanoi, Gelar Upacara hingga Tumpengan

Liputan6.com, Hanoi - HUT RI menjadi salah satu momentum yang ditunggu-tunggu oleh warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri, tak terkecuali di Hanoi, Vietnam.

Pada hari ini, Sabtu 17 Agustus 2019, sekitar 150 WNI memadati lapangan bulu tangkis KBRI Hanoi untuk mengikuti upacara bendera peringatan HUT ke-74 RI, demikian sebagaimana siaran pers yang dimuat Liputan6.com Sabtu (17/8/2019). 

Upacara HUT Kemerdekaan RI itu dipimpin oleh Duta Besar RI Hanoi Ibnu Hadi selaku inspektur upacara. Acara itu turut dihadiri oleh sejumlah tamu kehormatan seperti mantan Duta Besar Vietnam untuk Indonesia H.E. Nguyen Dan Quang, Wakil Ketua Hanoi Union of Friendship Organization (HAUFO) Mr. Can Viet Anh dan perwakilan Vietnam – Indonesia Friendship Organization (VIFA) Mr. Nguyen Duy Thieu.

Selain tamu undangan tersebut, hadir juga 'Friends of Indonesia', yaitu para alumni penerima beasiswa dari Pemerintah Indonesia dan rekan media yang turut mengikuti upacara HUT ke-74 RI yang berlangsung khidmat dan tertib di tengah teriknya cuaca musim panas Kota Hanoi.

HUT ke-74 RI juga diarayakan di Hanoi, Vietnam (KBRI Hanoi)

Dubes RI Hanoi Ibnu Hadi menyampaikan apresiasinya kepada WNI yang secara antusias mengikuti rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI dari mulai perlombaan tenis meja, bulu tangkis, bowling, pidato sampai lomba anak-anak yang dilaksanakan dari tanggal 21 Juli s.d. 11 Agustus 2019 hingga upacara bendera pada pagi hari ini.

Hal ini mengingat tidak semua WNI tinggal di Hanoi tetapi juga di provinsi di luar kota Hanoi seperti Propinsi Quang Ninh dan kota Hai Phong dengan waktu tempuh selama 2-3 jam.

 

2 dari 3 halaman

Pemotongan Tumpeng

Setelah upacara bendera, acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat kemerdekaan.

Selain itu juga dilakukan pembagian hadiah bagi pemenang rangkaian lomba peringatan HUT ke-74 RI. Dalam kesempatan itu juga diadakan acara perpisahan pejabat Perbinlu KBRI Hanoi Kolonel A. Adipati Karnawidjaja yang telah menyelesaikan masa tugasnya dan akan segera kembali ke Indonesia.

"Kemerdekaan harus selalu kita syukuri. Salah satunya dengan selalu menjaga persatuan dan kesatuan dimanapun kita berada, tak terkecuali saat kita berada di luar negeri. Semoga rangkaian acara HUT RI ke-74 ini dapat memupuk rasa kebersamaan dan semakin meningkatkan rasa cinta kita kepada Ibu Pertiwi," ungkap Dubes RI Hanoi sesaat setelah pemotongan tumpeng.

Menu makanan khas Indonesia seperti Nasi Tumpeng, Batagor dan Pempek menjadi hidangan santap siang yang paling ditunggu-tunggu oleh WNI. Rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-74 RI akan ditutup dengan Resepsi Diplomatik pada tanggal 21 Agustus 2019.

3 dari 3 halaman

Simak pula video pilihan berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara JMC dalam Merayakan HUT Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia
Artikel Selanjutnya
Kisah Perkutut Putu Wijaya di Misa Kemerdekaan Kutoarjo