Sukses

Detik-Detik Peringatan Proklamasi di KBRI Bangkok Jadi Sorotan Media Thailand

Pagi ini cuaca di Bangkok sangat cerah, menambah khidmat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

Liputan6.com, Bangkok - Hari Kemerdekaan RI yang ke-74 jatuh pada hari ini, Sabtu 17 Agustus 2019. Momentum itu tidak hanya dirayakan di Indonesia, namun juga di Thailand tepatnya KBRI Bangkok.

Pagi ini cuaca di Bangkok, Thailand sangat cerah, menambah khidmat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI. Upacara itu dilaksanakan di lapangan sepak bola KBRI Bangkok, seperti siaran pers KBRI Bangkok yang dimuat Liputan6.com pada Sabtu (17/8/2019).

Tepat pada pukul 09.40 WIB, upacara dimulai. Duta Besar RI untuk Thailand Ahmad Rusdi sebagai inspektur upacara dan Mayor Arm Debi Irawan menjadi komandan upacara.

Upacara Hari Kemerdekaan RI juga diadakan di KBRI Bangkok (KBRI Bangkok)

Upacara tersebut diikuti oleh lebih dari 600 warga Indonesia antara lain staf KBRI Bangkok, Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Bangkok, siswa dan guru Sekolah Indonesia Bangkok (SIB), masyarakat Indonesia di Bangkok dan sekitarnya, serta Persatuan Mahasiswa Indonesia di Thailand (Permitha).

Tampak hadir juga Armida S. Alisjahbana, Executive Secretary UN ESCAP dan para anggota TNI yang tengah menempuh pendidikan di Thailand.

Rangkaian tata cara Upacara, yang meliputi penaikan Bendera Merah Putih oleh 25 anggota Paskibra yang merupakan siswa siswi SIB, Peringatan Detik-Detik Proklamasi yang ditandai dengan sirine dan pemukulan gong, Pembacaan Teks Proklamasi, serta paduan suara oleh para siswa SIB, berlangsung dengan tertib dan khidmat.

Simak pula video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Sorotan Media Thailand

Upacara ini menjadi sorotan media Thailand. Sejumlah TV lokal seperti ABTV, Nation TV, dan Thai PBS meliput.

Khidmatnya pelaksanaan Upacara benar-benar menggambarkan tingginya semangat nasionalisme dan cinta Tanah Air warga Indonesia, meskipun berada jauh dari tanah air. Tampak juga warga Indonesia yang sedang berlibur di Bangkok antusias menyempatkan diri untuk mengikuti Upacara di KBRI Bangkok.

Dari pukul 08.00 pagi, warga Indonesia sudah berdatangan ke KBRI Bangkok, yang telah dimeriahkan oleh dekorasi merah putih sejak seminggu yang lalu.

"Bisa mengikuti upacara dan menyanyikan lagu Indonesia Raya merupakan kebanggaan tersendiri," ujar Muhammad Firstyan, WNI yang tinggal di Phuket yang berjarak 850 km dari Bangkok. Firstyan bersama dua orang rekannya menempuh perjalanan dengan pesawat terbang untuk dapat mengikuti detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di KBRI Bangkok.

Antusiasme warga Indonesia di Bangkok dan sekitar dalam mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi patut mendapatkan apresiasi yang tinggi. Semangat ini harus selalu dipupuk, khususnya di kalangan generasi muda Indonesia sebagai kewajiban kita bersama untuk membina dan meningkatkan rasa cinta tanah air kepada generasi penerus bangsa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.