Sukses

3 Orang Diserang Hiu dalam 24 Jam di Pantai Florida

Serangan hiu menyasar tiga orang dalam 24 jam di pesisir Florida, menjadikannya sebagai kasus sejenis pertama di seluruh dunia.

Liputan6.com, Volusia County - Para ahli menggambarkan New Smyrna Beach di Volusia County, negara bagian Florida, Amerika Serikat (AS), sebagai "ibu kota serangan hiu di dunia".

Itu bukan sekadar julukan belaka, namun memang menggambarkan reputasi sesungguhnya di akhir pekan lalu, di mana tiga orang diserang hiu dalam 24 jam, demikian sebagaimana dikutip dari CNN pada Selasa (6/8/2019).

Pada Sabtu 3 Agustus, seorang peselancar muda bernama Emily Comfort (20) mengalami serangan hiu pada tangan dan pergelangan kaki kirinya.

Dia dibawa ke Halifax Medical Center di Daytona Beach --satu-satunya rumah sakit besar terdekat-- dengan cedera yang tidak mengancam jiwa.

Setengah jam kemudian, kata para pejabat lokal, peselancar muda lainnya yang berusia 21, Riley Petrovich, harus dirawat karena gigitan hiu di kaki kanannya, setelah sebelumnya menolak dibawa ke rumah sakit.

Menurut Gavin Naylor, direktur program Penelitian Hiu di Natural History Museum of Florida, banyaknya ikan yang berkumpul di luar dermaga New Smyrna menjadi salah satu alasan mengapa banyak hiu berenang mendekat.

Di saat bersamaan, titik selancar terbaik juga ditemukan di bagian pantai yang sama.

"Jika Anda suka berselancar di tempat khusus ini, kemungkinan besar Anda berada dalam jarak 10 kaki dari hiu," tulis Naylor dalam email kepada CNN.

"Para peselancar semua tahu ini. Mereka secara rutin melaporkan melihat hiu di daerah tersebut, tapi belum pernah luput dari perhatian seperti ini," lanjutnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gigitan Ketiga Serang Manula

Kurang dari 24 jam setelah dua gigitan pertama, Peter Bourbeau (51) berdiri di air laut setinggi lutut, ketika kaki kanannya digigit oleh apa yang dia sebut hiu sepanjang 4 kaki, kata biro keamanan pantai Volusia County.

Bourbeau mengatakan kepada petugas bahwa dia menendang hiu dengan kaki kirinya, dan hewan itu kemudian berenang menjauh.

Hiu dalam serangan ini belum diidentifikasi, tetapi Naylor mengatakan itu berjenis blacktips, pemintal dan hiu sandbar berusia remaja, yang sering ditemukan di daerah tersebut.

Naylor juga menambahkan bahwa kadang-kadang hiu martil dan hiu harimau juga dapat terlihat di lingkungan terkait.

"Namun, ada satu fakta yang mengejutkan banyak orang, yakni hiu berukuran cukup besar ikut menjelajah ke perairan dangkal setempat," lanjut Naylor, menambahkan kemungkinan serangan terhadap manusia, ada kaitannya dengan temuan terkait.

3 dari 3 halaman

Daerah dengan Serangan Hiu Terbanyak

Menurut International Shark Attack File, sebuah lembaga pencatat serangan hiu di Amerika Serikat, Volusia County telah mencatat 303 serangan predator laut tersebut.

Catatan itu menjadikan Volusia County sebagai pemilik kasus serangan hiu terbesar di AS, terhitung sejak 1882.

Sementara di posisi kedua, tercatat Brevard County, sama-sama berada di negara bagian Florida, yang mencatat 147 serangan hiu.

Dari 1.441 serangan hiu yang tidak terbukti di AS sejak 1837, Florida mendominasi daftar terkait, dengan 828 serangan tercatat.

Sementara negara bagian dengan serangan hiu terbanyak kedua adalah Hawaii, yakni tercatat sebanyak 162 kasus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.