Sukses

5 Fakta Unik di Balik Diplomasi Makanan Ala Duta Besar Jepang untuk Indonesia

Namanya kian populer, pun dengan kebiasaan Duta Besar Jepang yang kerap mengonsumsi makanan khas Indonesia sewaktu makan siang.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa bulan terakhir pengguna media sosial di Tanah Air diramaikan oleh unggahan jenaka sekaligus mengesankan yang tampilkan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii.

Nama Dubes Jepang kian populer, pun dengan kebiasaannya mengonsumsi makanan khas Indonesia yang ia lakukan sewaktu makan siang.

Nasi uduk, rendang, bakmi medan hingga nasi goreng pete pun pernah ia coba. Tak heran, jumlah pengikutnya (followers) di Instagram telah mencapai 77,6 ribu orang.

Liputan6.com berkesempatan mewawancarai Masafumi Ishii seputar diplomasi makanan yang ia lakukan. Dalam program The Ambassador, berikut 5 fakta seputar diplomasi makanan ala Dubes Jepang untuk Indonesia, Selasa (23/7/2019):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Senang dengan Respons Masyarakat Indonesia

Setiap foto yang diunggah oleh Dubes Masafumi Ishii, pasti mendapatkan komentar dari pengguna media sosial. Terlebih ketika melihat makanan khas dari wilayah mereka dikonsumsi oleh Dubes Ishii.

Menanggapi hal tersebut, Masafumi Ishii menyampaikan rasa bahagianya karena apa yang ia unggah mendapat respons baik oleh masyarakat.

"Saya sangat bahagia dan bahkan tidak menyangka akan seperti ini," ujar Dubes Jepang.

"Terlebih saya menyukai Indonesia sebagai sebuah negara dan juga makanannya," tambahnya.

3 dari 6 halaman

2. Pilih Instagram untuk Menjangkau Beragam Lapisan

Indonesia adalah negara yang kaya akan kulinernya. Tak heran ada banyak jenis soto atau mi yang dimiliki oleh tiap provinsi di Tanah Air.

Dubes Masafumi Ishii mengaku jika ia berusaha untuk menjangkau setiap masyarakat oleh Indonesia. Oleh karenanya ia memilih Instagram sebagai media sosial populer.

4 dari 6 halaman

3. Ide Makanan Berasal dari Diri Sendiri

Saat ditanya soal ide atau gagasan pembuatan Instagram dan konten berisi foto makan siang, Duta Besar Jepang mengatakan bahwa ide pembuatannya berasal dari dirinya sendiri.

Sementara itu, untuk makanan yang ia konsumsi ia serahkan kepada pihak kedutaan untuk membeli atau memesan makanan yang akan ia konsumsi.

5 dari 6 halaman

4. Berkarya di Ruang Kerja

Foto dengan latar belakang peta Indonesia yang kerap terlihat dalam unggahan Dubes Jepang makan siang ternyata berlokasi di ruang kerja pribadinya.

Dari pantauan Liputan6.com, ruangan tersebut juga terkadang dijadikan sebagai lokasi berbincang dengan sejumlah tamu.

6 dari 6 halaman

5. Bikin Gemas Netizen

Lantaran sering mengonsumsi makanan Indonesia dan berpose dengan ekspresi lucu, Duta Besar Jepang untuk Indonesia kerap dikomentari 'gemes' oleh para pengguna media sosial.

Berkat komentar inilah Masafumi Ishii mengaku bahwa dirinya tahu betul makna dari penggunaan dan arti dari kata 'gemes' tersebut.

Terkait pose, Masafumi Ishii tidak pernah merencanakannya. Itu adalah gerakan alami yang ia keluarkan secara spontan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.