Sukses

6 Tokoh Dunia Sampaikan Selamat Atas Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019

Liputan6.com, Jakarta - Joko Widodo (Jokowi) kembali terpilih untuk masa jabatan kedua di periode 2019-2024.

Berdasarkan rekapitulasi suara yang selesai pada Senin 20 Mei 2019 malam, dan diumumkan oleh KPU pada Selasa dini hari, pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin dinyatakan unggul dari rivalnya, Prabowo-Sandi.

Jokowi-Ma'ruf meraih 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional. Sementara, pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 68.650.239 atau 44,50 persen dari total suara sah nasional. KPU menyebut, jumlah suara nasional sebanyak 154.257.601.

Atas kemenangan ini, sejumlah tokoh dunia meliputi presiden dan perdana menteri mengucapkan selamat kepada Jokowi.

Seperti dikutip dari laman VOA Indonesia, Rabu (22/5/2019), berikut 6 tokoh dunia yang sampaikan selamat kepada Jokowi:

2 dari 7 halaman

1. PM Australia - Scott Morrison

Perdana Menteri Australia Scott Morrison, yang baru terpilih kembali lewat pemilu akhir pekan lalu, merupakan salah satu pemimpin pertama di dunia yang menyampaikan ucapan selamat kepada Joko Widodo.

PM Australia menyebut Indonesia sebagai "salah satu negara yang memiliki hubungan strategis dan paling penting bagi Australia."

Ditambahkannya, betapa Australia "ingin memperdalam hubungan antara Australia dan Indonesia pada seluruh kepentingan bersama."

Scott Morrison secara tidak terduga memenangkan masa jabatan kedua dalam pemilu minggu lalu, yang diprediksi banyak jajak pendapat akan dimenangkan oleh tokoh Partai Buruh, Bill Shorten.

 

3 dari 7 halaman

2. PM India - Narenda Modi

Pemimpin dunia lain yang juga menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi adalah Perdana Menteri India Narenda Modi.

"Selamat yang sebesar-besarnya kepada @Jokowi atas terpilihnya Anda kembali! Sebagai dua negara demokrasi besar, kami bangga atas keberhasilan perayaan demokrasi. Kami berharap Anda dan rakyat

"Indonesia semua sukses di bawah kepemimpinan dinamis Anda."

Narenda Modi juga sedang menantikan hasil pemilu minggu lalu, yang akan diumumkan Kamis mendatang (23/5). Sejumlah exit poll menunjukkan Partai Hindu Bharatiya Janata pimpinan Modi akan menang, tetapi belum ada kepastian apakah partai itu dapat menguasai kursi mayoritas.

 

 

4 dari 7 halaman

3. PM Malaysia - Mahathir Mohamad

Perdana Menteri Malaysia Dr. Mahathir Mohamad turut menyampaikan selamat.

"Tahniah kepada Bapak @Jokowi atas kemenangan secara resmi sebagai Presiden Republik Indonesia. Saya berharap kerja sama antara dua negara akan semakin erat selepas ini," cuitnya di Twitter.

5 dari 7 halaman

4. PM Singapura - Lee Hsien Loong

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, pada Selasa 21 Mei 2019, mengucapkan selamat kepada Presiden RI Joko Widodo atas terpilihnya kembali untuk masa jabatan kedua 2019-2024.

"Selamat dari saya atas terpilihnya kembali Anda sebagai PresidenRepublik Indonesia! Mandat kuat yang Anda terima mencerminkan kepercayaan yang telah ditunjukkan oleh orang Indonesia dalam kepemimpinan berkelanjutan Anda, dan visi Anda untuk mengangkat kehidupan semua orang Indonesia."

"Selama masa jabatan pertama Anda, hubungan Singapura-Indonesia dibuatkemajuan yang signifikan. Kami bersama-sama meluncurkan Taman Industri Kendal pada tahun 2016, dan memperingati 50 tahun hubungan bilateral ("RISING 50") pada 2017."

"Kami bekerja sama erat di banyak bidang, termasuk perdagangan dan investasi, digital ekonomi, peningkatan keterampilan, pariwisata, dan pertahanan dan keamanan. Hubungan kita dalam kondisi sangat baik."

"Saya berharap dapat bekerjasama dengan Anda untuk membangun apa yang telah kita capai dan untuk mencari peluang baru untuk kerja sama manfaat rakyat kita," lanjut sang PM Singapura.

"Ho Ching (Istri Lee) dan saya berharap Anda dan lbu Iriana terus sehat dan sukses. Saya berharap dapat melihat Anda di KTT ASEAN di Bangkok bulan berikutnya."

 

6 dari 7 halaman

5. Presiden Singapura - Halimah Yacob

Presiden Singapura Halimah Yacob mengatakan; "Kemenangan yang meyakinkan adalah bukti kepercayaan dan keyakinan rakyat Indonesia atas kepemimpinan Anda."

Halimah menggarisbawahi keyakinannya bahwa landasan kuat yang dibangun Jokowi pada masa jabatan pertama akan menciptakan masa depan yang lebih baik bagi semua orang Indonesia.

Secara khusus ia menyoroti hubungan Singapura dan Indonesia yang sangat baik, yang dibangun atas dasar saling menghormati dan kerja sama.

Ia mengakhiri surat itu dengan mengatakan "Saya yakin hubungan kedua negara akan terus menguat di tahun-tahun mendatang."

 

7 dari 7 halaman

6. PM Jepang - Shinzo Abe

Kabar tentang kemenangan kandidat petahana sampai ke telinga Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Dalam sebuah keterangan resmi yang disampaikan melalui Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Abe memberikan ucapan selamat kepada Jokowi dan Ma'ruf Amin.

"Berdasarkan pengumuman tersebut, Y.M. Bapak Shinzo Abe, Perdana Menteri Jepang telah mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Y.M. Bapak Ir. H Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia," demikian bunyi pernyataan tersebut, yang diterima oleh Liputan6.com.

"Perdana Menteri Abe juga menyampaikan harapan beliau untuk bekerja sama dengan Presiden Joko Widodo guna memperkokoh hubungan antara kedua negara," tutup keterangan itu.

Loading
Artikel Selanjutnya
Suasana Pertemuan AHY dan Jokowi di Istana Bogor
Artikel Selanjutnya
Menteri Inggris Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Jokowi pada Pilpres 2019