Sukses

Hasil Pemilu 2019 di Ibu Kota Jerman, Jokowi - Ma'aruf Raih Suara Mayoritas

Paslon nomor urut satu, Jokowi-Ma'aruf meraih suara mayoritas dalam penghitungan suara dalam agenda pemilu oleh PPLN di ibu kota Jerman.

Liputan6.com, Berlin - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) untuk wilayah Berlin, Jerman, menyebut pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut satu, Joko Widodo dan KH Ma'aruf Amin, meraih dukungan mayoritas dari total 1.853 suara, pemilu presiden 2019.

Jokowi-Ma'aruf memperoleh 1.384 suara (76,34 persen), sedangkan paslon nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, meraih 429 suara (23,66 persen). Adapun suara tidak sah dalam pelaksanaan pemilu oleh PPLN Berlin mencapai 40 suara.

Siaran resmi PPLN Berlin yang diterima Liputan6.com pada Kamis (18/4/2019), juga menyebut lima partai yang meraih surat suara terbanyak, yakni secara berurut: PSI, PDI Perjuangan, PKS, Nasdem, dan Gerindra.

"Dari perhitungan surat suara yang dilakukan, jumlah penghitungan sahnya berkisar 99,98 persen. Ini patut disyukuri, karena berarti hampir semua pemilih paham aturan mainnya, ujar Roni Soesman, ketua PPLN Berlin.

Penghitungan Suara Berjalan Lancar

Roni menambahkan, secara umum, proses penghitungan suara dalam agenda pemilu oleh PPLN Berlin berjalan lancar. Menurutnya, hal tersebut berada di luar dugaan, karena sebelumnya muncul kekhawatiran bahwa akan terjadi banyak perdebatan tentang sah atau tidaknya surat suara.

"Dalam waktu kurang dari tiga jam, kami sudah bisa menghitung surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, alhamdulilah," sambung Roni.

Komentar serupa dilontarkan oleh saksi dari Partai Gerindra, Hermin, yang menyebut agenda pemilu oleh PPLN Berlin teroganisir dengan baik.

"Mulai dari pemilihan hingga penghtungan suara hari ini, semua petugasnya bekerja dengan baik dan maksimal," ujar Hermin.

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dimulai Pukul 08.15 Waktu Setempat

PPLN Berlin melakukan penghitungan suara setelah melakukan agenda pemilu presiden dan legislatif pada 13 April lalu.

Penghitungan resmi dimulai pada Rabu 17 April, tepat pukul 08.15 waktu setempat, satu jam setelah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPLN) Berlin menutup penerimaan surat suara dari TPSLN dan pos.

Seraya menunggu jadwal penghitungan resmi, seluruh surat suara disimpan dengan asuransi penuh di ruang deposit salah satu perusahaan di Jerman.

"Jumlah masing-masing surat suara yang diterima oleh PPLN Berlin, adalah 1.257 melalui TPSLN dan 596 via jasa pos," jelas Elizabeth, salah seorang panitia yang bertanggung jawab atas pengawasan penghitungan suara terkait.

3 dari 3 halaman

Proses Penghitungan Disiarkan via Facebook dan Instagram

Penghitungan dilakukan dalam 4 kelompok berdasarkan metode pengumpulan surat suara, yaitu 3 melalui TPS dan 1 melalui pos. Penghitungan dilakukan oleh KPPSLN, dan PPLN dengan disaksikan para saksi.

Selain itu, karena keterbatasan ruang di KBRI Berlin, panitia membatasi kehadiran masyarakat Indonesia yang ingin menyaksikan langsung proses penghitungan surat suara.

Sebagai solusi, PPLN Berlin menyiarkan proses penghitungan tersebut melalui siaran langsung Facebook dan Instagram Live.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini