Sukses

Begini Cara Identifikasi Awal 5 Penyakit Berbahaya yang Sulit Diobati

Ada sejumlah penyakit berbahaya yang kerap menyerang dan dialami oleh manusia. Beberapa penyakit ini sebenarnya dapat diidetifikasi lebih awal.

Liputan6.com, Jakarta - Datangnya penyakit ditandai oleh perubahan di tubuh. Seperti suhu tubuh yang meningkat, dan tenaga yang terkuras, mengakibatkan si penderita lemas.

Namun, penyakit bukan hanya ditandai oleh gejala yang membuat Anda tidak berdaya. Kadang-kadang, perubahan kecil bisa mengindikasikan ada yang tak beres dengan sistem di tubuh Anda.

Ada sejumlah penyakit berbahaya yang kerap menyerang dan dialami oleh manusia. Beberapa penyakit ini sebenarnya dapat diindetifikasi lebih awal sebelum akhirnya menyebar dan membahayakan tubuh.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Senin (25/2/2019), berikut 5 cara identifikasi awal sejumlah penyakit yang membahayakan tubuh:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi akibat tingginya kadar gula (glukosa). Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Untuk mendeteksi penyakit ini, seseorang bisa melakukan identifikasi. Beberapa gejala awal bisa Anda amati sehingga bisa melakukan tindakan awal.

Ciri-ciri tersebut di antaranya, sering buang air kecil, penurunan atau kenaikan berat badan, tanpa alasan, penglihatan kabur, tingkat kehausan yang intens, kelaparan konstan, memar dan luka yang perlahan sembuh, kelelahan dan mati rasa serta rasa sakit di tangan.

3 dari 6 halaman

2. Kanker Kulit

Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit pada taraf abnormal. Kanker kulit paling umum terjadi pada lapisan sel skuamosa dan melanosit.

Gejala kanker kulit yang paling umum adalah:

- Kulit tebal dan merah dengan bercak keperakan

- Kemerahan pada wajah dan leher

- Mengalami penyakit kuning

- Munculnya tahi lalat baru

 

4 dari 6 halaman

3. Penyakit Otot dan Sendi

Terkadang, penyakit otot atau nyeri sendiri bisa terjadi kepada siapa saja. Namun, penyakit semacam ini tidak dapat disepelekan.

Jika penyakit ini dibiarkan begitu saja, maka bisa berbahaya. Karena dapat terjadi konstan dan terus menerus.

Gejala penyakit sendi atau otot adalah:

- Nyeri otot yang konstan

- Mati rasa atau kesemutan

- Pembengkakan, peradangan, kaku, atau kemerahan di dalam atau di sekitar sendi

- Berkurangnya rentang pergerakan sendi

5 dari 6 halaman

4. Penyakit Paru-Paru

Ada sejumlah jenis penyakit yang menyerang paru-paru. Mulai dari kanker, bronkitis hingga paru-paru basah. Sejumlah penyakit ini bisa diidentifikasi dengan sejumlah cara.

Mulai dari:

- Batuk darah- Batuk kronis (berlangsung selama sebulan atau lebih lama)

- Sulit bernafas

- Sesak napas

- Nyeri dada kronis (berlangsung selama sebulan atau lebih lama)

- Produksi lendir kronis (berlangsung selama sebulan atau lebih lama)

 

6 dari 6 halaman

5. Kanker Payudara

Kanker payudara adalah kondisi ketika sel kanker terbentuk di jaringan payudara. Sel tersebut umumnya membentuk tumor yang terasa seperti benjolan.

Kanker payudara menjadi salah satu penyakit mematikan yang menyerang wanita ataupun juga pria. Di Indonesia sendiri kanker payudara juga jadi ancaman.

Berikut tanda-tanda awalnya:

- Nyeri atau nyeri payudara yang tidak biasa

- Perubahan kulit puting atau payudara

- Penebalan di dekat atau di payudara

- Penebalan di area ketiak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.