Sukses

Jadi Pelembab Rambut... Ini 10 Penggunaan Tak Biasa Tisu Basah

Berikut ini ulasan sejumlah kegunaan tisu basah yang tak biasa dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin Anda pernah melakukan salah satunya.

Liputan6.com, Jakarta - Konon tisu basah bayi sudah ada sejak tahun 1950-an. Seiring berjalannya waktu, sejumlah orang menggunakannya tak hanya untuk membersihkan kulit.

Sejumlah kegunaan tak biasa dari tisu basah pun kemudian muncul. Apa saja? Berikut ini ulasan beberapa di antaranya yang dikutip dari Bright Side, Minggu (27/1/2019):

1. Pelembab Rambut Kaku

Jika Anda adalah si pemilik rambut kaku yang mengakibatkan helaiannya tak rapi saat diikat, pelembab rambut adalah solusi mudahnya. Namun ada cara lainnya yakni dengan menggunakan tisu basah bayi. Caranya?

Cobalah membasuh seluruh kepala Anda menggunakan tisu basah. Efeknya mungkin tidak berlangsung terlalu lama, tetapi untuk keadaan darurat sepertinya tak ada salahnya dicoba.

2. Tempat Penyimpanan Praktis

Jika Anda ingin mengurangi limbah plastik, gunakanlah kembali kotak tisu bayi Anda sebagai tempat penyimpanan. Letakkan label di sampingnya dan gunakan untuk menyimpan barang-barang kecil yang biasanya tersebar di seluruh rumah -- seperti krayon, stiker, pita, dan semacamnya.

3. Alas Pel Debu

Kehabisan alas lantai terkadang tak terduga waktunya. Jika terjadi, cobalah bungkus saja pel Anda dengan tisu basah untuk membersihkan lantai Anda.

4. Mainan Anak

Selain memanfaatkan kotak bekas tisu bayi, bagian penutupnya pun bisa diberdayakan. Contohnya, Anda bisa membuat mainan anak yang berfungsi mengembangkan keterampilan motorik.

Anda dapat menggunakannya untuk mengenalkan tekstur sembari menjadikannya permainan yang menyenangkan.

Gunakan bagian penutup tisu bayi itu dan sembunyikan tekstur yang berbeda di bawahnya --bisa juga gunakan gambar lainnya, lalu rekatkan semuanya ke papan busa, dan biarkan anak Anda memainkannya.

Gerakan membuka dan menutup pada bagian atas tisu basah, serta apa yang tersembunyi di baliknya akan membuat anak Anda tertarik menggunakannya.

5. Bersihkan Noda Hairspray dari Permukaan Kayu

Setiap pemilik rumah tahu bahwa membersihkan permukaan kayu terbukti rumit karena material tersebut mudah rusak. Jika Anda secara tak sengaja menyemprot kayu dengan hairspray, gunakan tisu basah lembut untuk membersihkannya.

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersihkan Sepatu Kulit hingga Jendela

6. Bersihkan Sepatu Kulit

Dengan atau tanpa krim sepatu, tisu bayi sangat cocok untuk menyemir sepatu Anda karena memiliki tekstur halus dan lembut.

7. Pelembab Lem Amplop

Jika Anda memiliki banyak surat untuk dikirim (seperti untuk undangan pernikahan atau pesta makan malam), jangan menjilatnya setiap amplop. Hal itu bisa mengakibatkan Anda keracunan karena tak tahu asal kotoran yang menempel, atau akibat menelan residu lem.

Cukup gunakan tisu basah untuk melembabkan bagian yang harus di lem.

8. Membersihkan Sisa Riasan dari Pakaian

Jika pakaian Anda terkena residu eyeshadow atau maskara, pastikan untuk melepaskannya dari pakaian Anda dengan tisu bayi selain mencucinya.

9. Membersihkan Peralatan Olahraga

Tahukah Anda bahwa menggunakan handuk olahraga pada peralatan yang akan digunakan tidak sebersih yang Anda kira. Apa alasannya?

Jawabannya karena banyak tisu bayi atau pun tisu basah mengandung sifat antibakteri.

10. Membersihkan Keyboard dan Layar Komputer

Tisu bayi dapat digunakan pada banyak bidang, sebab bisa dilipat dengan mudah tanpa merusaknya. Sifat ini akan membantu Anda untuk sampai ke tempat-tempat kecil yang tersembunyi dan sulit dijangkau seperti di antara tombol-tombol pada keyboard atau spasi di antara layar komputer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.