Sukses

India Pindahkan 300 Buaya dari Lokasi Patung Tertinggi di Dunia

Liputan6.com, Gujarat - Demi mendongkrak angka kunjungan wisatawan ke objek Statue of Unity, sekitar 300 ekor buaya akan dipindahkan dari sungai Narmada, dekat Waduk Sardar Sarovar, negara bagian Gujarat, India.

Dikutip dari laman hindustantimes.com, Sabtu (26/1/2019), upaya pemindahan reptil dari lokasi wisata ini dimaksudkan agar para pengunjung merasa aman.

Untuk melakukan proses pemindahan, petugas melakukan upaya ekstra. Sebab, buaya yang masuk dalam kategori punah ini ukurannya mencapai 3 meter.

Buaya-buaya tersebut terlebih dahulu dipancing dan dimasukkan ke dalam kandang besi lalu dibawa menggunakan truk ke lokasi lain.

"Sejauh ini sekitar selusin telah dipindahkan," ujar seorang sumber di lapangan.

Pejabat kehutanan lokal di India, Anuradha Sahu mengatakan bahwa instruksi itu datang dari pemerintah negara bagian "untuk alasan keamanan seiring meningkatnya arus wisatawan ke sana".

Patung pahlawan kemerdekaan Sardar Vallabhbhai Patel -- proyek kebanggaan Perdana Menteri Narendra Modi -- berukuran lebih dari dua kali ukuran Patung Liberty.

Patung itu selesai pada Oktober lalu dengan biaya US$ 400 juta. Bittu Sahgal, editor majalah margasatwa Sanctuary Asia, mengkritik pemindahan buaya yang terancam punah.

"Apakah kita secara kolektif kehilangan akal?" ujarnya dalam sebuah twit.

Priyavrat Gadhvi, anggota dewan satwa liar negara bagian mengatakan, upaya relokasi seharusnya didahului dengan analisis ilmiah yang menyeluruh.

Patung tersebut terletak di daerah terpencil di Distrik Narmada, dengan kota terdekat Vadodora, India. Tidak ada kereta menuju ke sana, dan sebagian besar wisatawan naik bus untuk menuju lokasi tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 dari 2 halaman

Peresmian

Perdana Menteri India, Narendra Modi, meresmikan patung pejuang persatuan Sardar Vallabbhai Patel, pada Rabu, 31 Oktober 2018, dengan pengawalan ketat. Patung yang disebut sebagai yang tertinggi di dunia ini --182 meter-- berada di negara bagian Gujarat.

Sardar Vallabbhai Patel merupakan seorang pemimpin kemerdekaan India. Patung ini dikenal sebagai "Patung Persatuan" atau Statue of Unity. Patel juga menjabat sebagai menteri dalam negeri pertama negara itu, setelah pemerintahan kolonial Inggris berakhir pada 1947.

"Untuk membangun patung ini, ratusan ribu petani dari seluruh India datang bersama-sama untuk menyumbangkan peralatan mereka, bagian dari tanah mereka dan gerakan massal yang dikembangkan di sekitar patung itu," kata Modi dalam pidatonya, seperti dilansir dari DW.

Patung ini dua kali lebih tinggi dari Patung Liberty di New York dan juga lebih tinggi dari patung tertinggi berikutnya di dunia, Garuda Wisnu Kencana (130 meter). Patung yang dilapisi perunggu tersebut terdiri dari hampir 100.000 ton baja dan beton.

Selain itu, di lokasi patung juga akan didirikan sebuah museum yang didedikasikan untuk kehidupan dan karya Patel, seperti sekitar 40.000 dokumen, 2.000 foto dan pusat penelitian.

ISIS Akhirnya Dinyatakan Kalah
Loading
Artikel Selanjutnya
Peringati Hari Republik Ke-70, India Tegaskan Persahabatan dengan RI
Artikel Selanjutnya
Para Penggemar Artis Curi Susu, Alasannya Bikin Geleng-Geleng Kepala