Sukses

Nahas, Pria di AS Kehilangan Kaki Akibat Tertembak Anjing Pemburu

Liputan6.com, Eagle Lake - Seorang pria di Amerika Serikat kehilangan satu kakinya setelah tak sengaja tertembak oleh seekor anjing yang mendadak bergumul dengan sepucuk senapan sebar (shotgun) dalam sebuah sesi berburu.

Kejadian yang menimpa pemburu bernama Matt Branch itu, kata seorang saksi mata dan juga rekan berburu korban saat kejadian, menjadi pembelajaran tentang pentingnya menjaga keamanan di sekitar senjata api saat penggunaannya.

"Kita semua telah berburu selama 20 tahun atau lebih dan tidak seorang pun dari kita berpikir tentang hal itu terjadi," kata Micah Heckford kepada surat kabar Clarion Ledger menceritakan insiden nahas yang terjadi pada akhir Desember 2018 lalu, seperti dikutip dari Stuff.co.nz, Kamis (10/1/2019).

Peristiwa itu terjadi pada pagi hari 28 Desember 2018 di Eagle Lake, Mississippi, tempat Branch dan teman-temannya berkumpul untuk berburu bebek tahunan.

Matt Branch terkena tembakan senapan, ketika seekor anjing pemburu yang ikut bersama kelompok berburunya, melompat ke belakang mobil truk bak Ford Ranger yang tengah mereka tumpangi, di mana terdapat sepucuk shotgun yang mereka bawa untuk berburu.

Anjing yang mendadak melompat itu kemudian tak sengaja menginjak tuas pengaman senapan shotgun tersebut, dan pada saat yang sama tak sengaja menarik pelatuknya. Proyektil celaka itu kemudian menyasar ke kaki Matt Branch.

Dalam posting Facebook-nya, Heckford mengatakan bahwa letusan dari senapan shotgun 12-gauge merobek sisi truk pickup dan menyasar kaki Branch "di bagian dalam paha kirinya sekitar 2-3 inci dari pangkal pahanya." Itu kemudian menyebabkannya "berteriak dan jatuh ke tanah."

Usai kejadian, Micah Heckford mengatakan bahwa dia dan sepupu Branch, David Joe Branch, segera memasukkan Branch ke dalam kendaraan dan menelepon nomor layanan darurat ketika mereka pergi ke titik akses terdekat untuk ambulans.

Ketika petugas medis datang dan memberikan penanganan pertama dengan membuka celana Matt Branch, Heckford menjelaskan, "barulah pada saat itu saya sadar betapa serius luka yang ia alami. Celananya bersimbah darah."

Matt Branch, asli Louisiana, yang bermain sepak bola Amerika di Louisiana State University dari 2009 hingga 2011, dilaporkan dalam perawatan intensif di University of Mississippi Medical Center --yang terletak sekitar 110 kilometer di sebelah timur lokasi berburu-- dan diperkirakan akan pulih.

Dalam sebuah posting Facebook beberapa hari sesudahnya, Heckford berkata, "Matt telah menjalani beberapa operasi kritis termasuk amputasi kaki kiri dan menghubungkan kembali arteri femoralinya di kaki kiri atas."

"Peluang untuk kecelakaan ada di sana dan kami tidak menyadarinya," tambah Heckford. "Kami pikir kami aman, tapi benarkah? Jika ada peluru dalam senapan, apa pun bisa terjadi."

Halaman GoFundMe telah membantunya membayar biaya medisnya. "Biasanya, mempertahankan luka-luka ini saat berada di daerah geografis yang begitu jauh akan menjadi akhir kehidupan bagi sebagian besar manusia," kata laman itu, "tetapi secara ajaib Matt Branch tetap selamat."

 

Simak video pilihan berikut:

2 dari 2 halaman

Pentingya Menjaga Keselamatan dalam Olahraga Menembak dan Berburu

Kecelakaan itu terjadi ketika Heckford, Branch dan anggota lain dari kelompok mereka, termasuk adik lelaki Branch, berkumpul kembali setelah menghabiskan pagi hari berburu dalam formasi yang tersebar. Mereka berencana untuk menghabiskan sisa berburu pagi dengan berkelompok, dan mereka meletakkan peralatan mereka --termasuk senapan-- di bak truk pickup Ford Ranger untuk menempuh jarak "sekitar 182 meter." 

Kemudian, peristiwa tak terduga itu terjadi.

"Sayangnya, saya tidak bisa mulai memberi tahu Anda berapa kali saya telah meninggalkan peluru di senapan saya ketika pindah ke lokasi yang berbeda untuk berburu, atau bahkan berkeliling mencari umpan di antara perburuan," tulis Heckford dalam posnya.

"Aku ingin mendorong semua orang yang membaca ini untuk meluangkan waktu untuk tidak hanya memeriksa diri mereka sendiri, tetapi juga meluangkan waktu untuk memeriksa semua orang yang kamu ajak berburu."

Heckford mengatakan bahwa dia telah "mengenal Matt sejak lama," dan menambahkan, "Dia besar, dia tangguh, dia seorang pejuang, dan yang terpenting, dia tidak gampang menyerah."

"Tidak diragukan lagi Matt memiliki jalan yang sangat panjang menuju pemulihan di depannya," kata Heckford, "tetapi tidak ada yang lebih percaya diri daripada saya bahwa ia akan mundur dan terus menjalani kehidupan yang luar biasa dan terus memengaruhi orang lain."

KORSEL TAK LAGI SEBUT KORUT SEBAGAI ‘MUSUH’

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Misteri Peluru Nyasar yang 'Bertamu' pada Malam Hari