Sukses

Gempa Simultan 8 Menit Bermagnitudo 5,3 Guncang Provinsi Sichuan China

Gempa berkekuatan magnitudo 5.3 dilaporkan mengguncang Provinsi Sichuan pada Kamis pagi.

Liputan6.com, Yibin - Gempa berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang wilayah Gongxian di Kota Yibin, Provinsi Sichuan, China pada Kamis, pukul 08.48 pagi waktu setempat.

Menurut Pusat Jaringan Gempa China (CENC), gempa itu berlangsung secara simultan selama kurang lebih delapan menit, dengan diikuti oleh dua gempa kecil setelahnya.

Dikutip dari The Straits Times pada Kamis (3/1/2019), episentrum gempa dipantau pada sekitar titik 28.20 derajat lintang utara dan 104,86 derajat bujur timur.

Pusat gempa diketahui berada di kedalaman 15 kilometer, lapor CENC dalam sebuah pernyataan singkat.

Sejauh ini belum ada laporan tentang korban jiwa atau kerusakan yang muncul sebagai dampak gempa.

Ini adalah gempa pertama yang terjadi di Sichuan pada 2019, setelah pada tahun lalu, wilayah barat daya China ini mengalami belasan gempa dengan magnitudo bervariasi.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa Besar pada Desember Lalu

Sebelumnya, sebagaimana dikutip dari kantor berita Xinhua, Provinsi Sichuan juga sempat diguncang gempa magnitudo 5,7 pada 16 Desember lalu.

Gempa yang sama-sama terjadi di Kota Yibin itu --tepatnya di wilayah Xingwen-- terjadi pada pukul 12.46 waktu setempat, dengan kedalaman 12 kilometer di bawah permukaan tanah.

Pada waktu petang di hari yang sama, 16 orang dilaporkan terluka dan sebanyak 378 orang dievakuasi karena terjadi longsor di beberapa titik di wilayah dataran tinggi tersebut.

Bahkan, pemerintah Provinsi Sichuan menetapkan kondisi darurat tingkat IV, yang berarti membutuhkan penanganan serius. Sebanyak 300 petugas penyelamat dikerahkan untuk evakuasi di lokasi gempa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa