Sukses

Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Taiwan, Getarannya Terasa Hingga Hong Kong

Taiwan diguncang gempa magnitudo 5,7, di mana getarannya terasa hingga Hong Kong.

Liputan6.com, Taipei - Gempa magnitudo 5,7 terjadi di lepas pantai barat Taiwan pada hari Senin pagi, lapor Survei Geologi Amerika Serikat (USGS). Getaran gempa tersebut dikabarkan terasa hingga ratusan kilometer jauhnya di Hong Kong.

Dikutip dari The Straits Times pada Senin (26/11/2018), titik gempa menghantam sekitar 100 kilometer dari pulau Penghu di Selat Taiwan, dengan kedalaman kira-kira 13 kilometer.

Tidak ada laporan segera tentang korban atau kerusakan akibat gempa, yang pada awalnya dilaporkan oleh USGS pada skala 5,6.

Penduduk di kota Magong di pulau Penghu berlari keluar, berteriak "gempa bumi", setelah gempa menghantam, media Taiwan melaporkan.

Penduduk Hong Kong melaporkan bahwa mereka merasakan gempa, dan beberapa orang saling mengabarkan di media sosial terkait peristiwa langka itu.

"Saya merasakannya! Saya pikir saya pusing, saya melihat pakaian yang digantung bergoyang-goyang," tulis seorang pengguna Facebook dalam sebuah kelompok diskusi untuk distrik Tai Po di Hong Kong.

Observatorium Hong Kong mengatakan telah menerima hampir 1.000 laporan tentang gempa yang dirasakan, dengan durasi beberapa detik.

"Estimasi awal memberikan intensitas lokal IV (empat) pada Skala Intensitas Mercalli Modified, yaitu menggantung benda-benda berayun. Jendela, piring, pintu berdetak," katanya dalam sebuah pernyataan.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Taiwan Sering Dilanda Gempa

Taiwan terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik dan sering dilanda gempa, yang bisa mencapai rata-rata 20 kali setiap tahunnya, dengan beragam intensitas, lapor USGS.

Pada bulan Februari, kota Hualien di bagian timur negara pulau itu dilanda gempa berkekuatan 6,4 yang menewaskan 17 orang.

Bencana terburuk di pulau itu terjadi dalam beberapa dekade terakhir, seeprti gempa berkekuatan 7.6 pada September 1999 yang menewaskan sekitar 2.400 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • taiwan

  • Hong Kong