Sukses

Wapres JK Berharap Hubungan RI-Jepang Terus Saling Menguntungkan

Ucapan terima kasih disampaikan oleh Wapres JK atas respon cepat dan bantuan yang diberikan oleh pemerintah Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan bahwa hubungan persahabatan antara Indonesia dan Jepang semakin baik dari tahun ke tahun. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan kerja sama perdagangan dan sejumlah sektor lain dari kedua negara.

"Saya berharap Indonesia dan Jepang akan selalu berupaya untuk membangun dan mempererat kerja sama. Selain itu saya juga berharap bahwa hubungan yang telah terjalin akan terus saling menguntungkan," ujar Jusuf Kalla saat menyampaikan sambutan di peringatan Hari Ulang Tahun Kaisar Jepang di Jakarta, Kamis (22/11/2018) malam.

Kuatnya hubungan persahabat antara kedua negara juga dibuktikan dengan kesigapan Jepang dalam membantu Indonesia dalam penanggulangan bencana. Sebab, beberapa waktu lalu Indonesia mengalami gempa-tsunami di Donggala, Palu, Sigi dan sekitarnya.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh Wapres JK atas respon cepat dan bantuan yang diberikan oleh pemerintah Jepang. Tak lupa JK juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Kaisar Jepang yang telah berusia 85 tahun.

"Harapan saya yang tulus semoga Yang Mulia dan keluarga senantiasa diberkati dengan kesehatan dan kebijaksanaan dalam memimpin masyarakat Jepang mengarungi perjalanan menuju negara yang lebih makmur," kata JK.

Dalam sambutannya, Wapres juga menyinggung soal kemitraan ASEAN dan Jepang yang sudah memasuki usia 45 tahun. Tak hanya dengan Indonesia, JK juga berharap agar kerja sama Jepang dan ASEAN semakin kuat.

"Tahun ini kita juga tengah merayakan hari jadi Jepang dan ASEAN yang ke-45, di ibu kota ASEAN yaitu Jakarta. Semoga kemitraan ini akan terus terjalin," jelasnya.

Sementara itu, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii juga menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam atas gempa-tsunami di Donggala, Palu, Sigi dan sekitarnya di Sulawesi Tengah.

Dalam resepsi tersebut ia berharap bahwa warga yang mengalami dampak bencana dapat bangkit dan bisa beraktivitas kembali.

"Saya berharap proses rekonstruksi pasca-bencana dapat terus berjalan. Sehingga warga bisa beraktivitas kembali," ujar Dubes Masafumi Ishii.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari jadi Kaisar Jepang

Resepsi yang dilangsungkan di Hotel Mulia, Jakarta tersebut merupakan peringatan hari ulang tahun Kaisar Jepang. Tahun depan, resepsi nasional akan berganti tanggal, sebab Kaisar saat ini akan digantikan oleh putra mahkota Naruhito.

"Tahun depan tepatnya pada musim semi, Yang Mulia akan turun takhta dan Yang Mulia Putra Mahkota Naruhito akan menjadi Kaisar yang baru," jelas Masafumi Ishii.

Dubes Jepang juga menyebut hari ulang tahun Yang Mulia Putra Mahkota Naruhito jatuh pada bulan Februari. Sehingga resepsi nasional akan berganti tanggal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia